Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Persepsi pedagang pasar inpres terhadap Baitul Mal Wat Tamwil (BMT) Insani Padangsidimpuan

Sari, Dewi Purnama (2018) Persepsi pedagang pasar inpres terhadap Baitul Mal Wat Tamwil (BMT) Insani Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
14 401 00086.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah pedagang pasar Inpres Sadabuan di Kota Padangsidimpuan yang diindikasikan memiliki persepsi yang berbeda-beda terhadap BMT Insani Padangsidimpuan. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana persepsi pedagang tentang pelayanan BMT Insnai Padangsidimpuan, bagaimana persepsi pedagang tentang produk-produk pada BMT Insani Padangsidimpuan, bagaimana tanggapan pedagang tentang prosedur pembiayaan pada BMT Insani Padangsidimpuan, dan bagaimana pendapat pedagang tentang keuntungan pada BMT Insani Padangsidimpuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana persepsi pedagang pasar Inpres terhadap Baitul Mal Wat Tamwil (BMT) Insani Padangsidimpuan. Persepsi adalah suatu proses bagaimana pandangan seseorang untuk memahamiatas kejadian dan pengalaman yang dilakukan melalui lima indra yaitu, penglihatan, pendengaran, peraba, perasa, dan penciuman dalam suatu organisasi sehingga akan menghasilkan kebenaran yang subjektif. Adapun waktu penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober sampai bulan Juli 2018 di Kota Padangsidimpuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, sumber data yang digunakan oleh peneliti yaitu data primer yakni pedagang pasar Inpres Sadabuan, dan data sekunder yaitu informasi dari situs internet yang berkaitan dengan data peneliti. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, teknik analisis data penelitian ini yaitu mencari dan menyusun secara sistematis data yang diperoleh dari hasil wawancara, dan observasi lapangan. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwasanya pelayanan pada BMT Insani Padangsimpuan dapat dikatakan baik dengan angka 70%, dan BMT Insani Padangsidimpuan memiliki produk berdasarkan prinsip syariat Islam dengan angka 30%, dan pandangan pedagang tentang prosedur pembiayaan pada BMT Insani Padangsidimpuan dapat dikatakan mudah dengan angka 90%, dan keuntungan pada BMT Insani Padangsidimpuan dapat dikatakan tinggi dengan angka 80%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Persepsi; pedagang; BMT Insani Padangsidimpuan
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012725 Baitul Mal wat Tamwil (BMT)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 21 Apr 2020 15:34
Last Modified: 21 Apr 2020 15:34
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/773

Actions (login required)

View Item View Item