Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peran pembimbing dalam memotivasi muraja’ah santri/ah tahfizh Al-Qur’an di Pondok Pesantren Al-Mukhlishin Sibuhuan Kabupaten Padang Lawas

Siregar, Hartati (2021) Peran pembimbing dalam memotivasi muraja’ah santri/ah tahfizh Al-Qur’an di Pondok Pesantren Al-Mukhlishin Sibuhuan Kabupaten Padang Lawas. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1730200042.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini sebagai salah satu upaya untuk mengkaji lebih dalam tentang peran pembimbing tahfizh untuk meningkatkan motivasi muraja’ah santri/ah tahfizh Al-qur’an di Pondok Pesantren Al-Mukhlishin Sibuhuan. Skripsi ini diharapkan memberikan informasi yang bermanfaat bagi pembimbing tahfizh, santri/ah tahfizh. Tujuannya agar dapat menemukan peran pembimbing tahfizh untuk meningkatkan motivasi muraja’ah santri/ah tahfizh Al-qur’an di Pondok Pesantren Al-Mukhlishin Sibuhuan serta bermanfaat juga bagi mahasiswa/i program studi Bimbingan Konseling Islam juga bagi para pembaca sebagai tambahan wawasan pengetahuan yang terkait dengan motivasi. Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah adanya penghafal Al-qur’an yang kurang dalam muraja’ah hafalannya. Banyaknya penghafal Al-qur’an dan kemudian lupa disebabkan timbulnya rasa malas, kurang dalam membagi waktu, dan bacaan Al-qur’an yang kurang tepat. Penghafal Al-qur’an membutuhkan pembimbing tahfizh karena disitu santri/ah tahfizh Al-qur’an butuh motivasi, arahan dan bimbingan agar santri/ah tahfizh Al-qur’an lebih baik dalam menjaga hafalan yang sudah di hafal. Rumusan masalah adalah peran pembimbing dan hambatan yang dihadapi pembimbing dalam memotivasi muraja’ah santri/ah tahfizh Al-qur’an di Pondok Pesantren Al-Mukhlishin Sibuhuan Kabupaten Padang Lawas. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, subjek penelitian ini adalah pembimbing dan santri/ah tahfizh Al-qur’an. Adapun metode pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Data disajikan dalam bentuk yang sesuai sehingga mudah dibaca dan difahami kemudian dianalisis dan diambil kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembimbing memberikan motivasi, memberikan target, hukuman dan reward, membimbing santri/ah agar tetap muraja’ah dan membuat metode muraja’ah sedangkan hambatan yang dihadapi pembimbing yaitu cara membagi waktu yang kurang dalam menghafal, bacaan Al-qur’an yang kurang baik, kesehatan pembimbing, adanya rasa malas dari diri santri/ah ttahfizh Al-qur’an.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Ali Sati, M.Ag. dan Hasbi Anshori Hasibuan, M.M.
Keywords: Peran pembimbing; Motivasi muraja’ah; Santri/ah tahfizh al-qur’an
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 15 Jun 2022 04:26
Last Modified: 10 Dec 2022 07:10
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7725

Actions (login required)

View Item View Item