Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Determinan profitabilitas pada bank umum syariah (BUS) di Indonesia tahun 2016-2020.

Dongoran, Fauzia Hanum (2022) Determinan profitabilitas pada bank umum syariah (BUS) di Indonesia tahun 2016-2020. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1740100010.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Profitabilitas merupakan rasio untuk menilai kemampuan perusahaan dalam mencari keuntungan. Peneliti menemukan ketidaksesuaian teori pada data yang ada pada Bank Umum Syariah (BUS) dimana Capital Adequacy Ratio (CAR) mengalami Kenaikan pada tahun 2017 namun tidak diikuti dengan kenaikan ataupun penurunan pada Return On Asset (ROA). CAR mengalami kenaikan pada tahun 2020 namun ROA mengalami penurunan. Non Performing Financing (NPF) mengalami kenaikan pada tahun 2017 namun tidak diikuti dengan penurunan pada ROA. NPF mengalami penurunan pada tahun 2020 namun tidak diikuti dengan kenaikan pada ROA. Biaya Operasional Pendapatan Operasional (BOPO) mengalami penurunan pada tahun 2017 namun tidak diikuti dengan penurunan pada ROA. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah CAR, NPF, BOPO secara parsial dan simultan terhadap ROA pada BUS di Indonesia tahun 2016-2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh CAR, NPF, BOPO berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap ROA pada BUS di Indoensia tahun 2016-2020. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori tentang Profitabilitas. ROA adalah rasio yang menunjukkan perbandingan antara laba (sebelum pajak) dengan total aset bank. CAR adalah rasio kecukupan modal yang berguna menampung resiko yang dihadapi bank. NPF adalah instrumen penilaian kinerja sebuah bank syariah yang menjadikan interpretasi penilaian pada aktiva produktif khusunya dalam penilaian pembiayaan bermasalah. BOPO adalah rasio profitabilitas yang membandingkan biaya operasinal dengan pendapatan operasional. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder melalui website http://www.ojk.go.id. Populasi penelitian ini adalah data ROA, CAR, NPF dan BOPO dengan jumlah sampel 80 dari tahun 2016-2020. Data penelitian ini diolah dengan menggunakan program Eviews 10 dengan pengujian statistiknya menggunakan Data Panel. Hasil penelitian menunjukkan CAR tidak berpengaruh terhadap ROA, NPF tidak berpengaruh terhadap ROA, BOPO berpengaruh terhadap ROA. Dan CAR, NPF dan BOPO berpengaruh secara simultan terhadap ROA. Kontribusi CAR, NPF dan BOPO terhadap ROA 0,78 persen dengan sisanya 22 persen dijelaskan oleh variabel lain artinya masih ada variabel lain yang dapat mempengaruhi ROA.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Delima Sari Lubis, M.A. dan Hamni Fadlilah Nasution, M.Pd.
Keywords: BOPO; CAR; NPF; ROA
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 14 Jun 2022 07:44
Last Modified: 23 Nov 2022 03:05
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7711

Actions (login required)

View Item View Item