Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Faktor-faktor yang mempengaruhi minat manabung pada bank syariah (studi kasus: siswa-siswi jurusan Perbankan di SMK Negeri 4 Padangsidimpuan Perkebunan Pijorkoling Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara)

Perayanti, Gusti (2019) Faktor-faktor yang mempengaruhi minat manabung pada bank syariah (studi kasus: siswa-siswi jurusan Perbankan di SMK Negeri 4 Padangsidimpuan Perkebunan Pijorkoling Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara). Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
14 401 00096.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa-siswi SMK Negeri 4 Padangsidimpuan yang lebih sedikit menjadi nasabah bank syariah dibanding dengan nasabah bank konvensional. Selain dari siswa-siswi yang dominan beragama muslim. Akan tetapi, siswa-siswi masih banyak yang memilih bank konvensional dari pada bank syraiah. Hal tersebut dikarenakan siswa-siswi kurang mengenal atau memahami bank syariah itu sendiri, dan masih banyak siswa-siswi yang beranggapan bank syariah sama saja dengan bank konvensional. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh faktor sosial dan faktor promosi terhadap minat menabung siswa-siswi pada bank syariah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah faktor sosial dan faktor promosi mempunyai pengaruh terhadap minat menabung siswa-siswi pada bank syariah. Pembahasan dalam penelitian ini berkaitan dengan manajemen bisnis. Sehubungan dengan itu, pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan minat menabung, faktor sosial dan faktor promosi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 71 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh dan penggunakan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara dan angket. Analisis dengan menggunakan statistik yaitu SPSS versi 23. Hasil analisis koefisien determinasi (R) dapat diketahui bahwa nilai r = 0,695 artinya korelasi antara variabel faktor sosial dan faktor terhadap minat menabung terjadi hubungan yang kuat. Nilai Adjusted R Square sebesar 0,468 atau 46,8% menunjukkan variabel faktor sosial dan faktor promosi mempengaruhi minat menabung dan sisanya sebesar 53,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini, yaitu faktor pribadi. Berdasarkan hasil penelitian ini ada pengaruh faktor sosial terhadap minat menabung dengan nilai -thitung< -ttabel atau thitung>ttabel (-7.739<-1.995 atau 7.739>1.995). Variabel faktor promosi ada pengaruh terhadap minat menabung dengan nilai -thitung< -ttabel atau thitung>ttabel (-2.077 <-1.995 atau 2.077 >1.996). Berdasarkan hasil uji secara simultan bahwa faktor sosial dan faktor promosi mempunyai pengaruh terhadap minat manabung dengan nilai > (31,739>3,13)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Faktor sosial; Faktor promosi; Minat menabung
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150299 Banking, Finance and Investment not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 21 Apr 2020 15:03
Last Modified: 21 Apr 2020 15:03
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/771

Actions (login required)

View Item View Item