Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Strategi pemasaran produk gadai emas pada PT. Pegadaian Cabang Syariah di masa pandemi Covid-19

Irfansyah, Irfansyah (2022) Strategi pemasaran produk gadai emas pada PT. Pegadaian Cabang Syariah di masa pandemi Covid-19. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1740100098.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Berdasarkan fenomena yang diperoleh di masa pandemi COVID-19 jumlah nasabah yang melakukan gadai emas mengalami penurunan, sebelum masa pandemi penurunan nasabah tidak seperti pada saat pandemi, karena banyak nasabah kurang begitu minat dan tertarik melakukan gadai emas di PT. Pegadaian Cabang Syariah Alaman Bolak Padangsdidimpuan, karena sebagian ada yang tidak mau ribet dengan adanya jasa-jasa dalam gadai emas tersebut, mereka lebih memilih menjual emasnya dari pada menggadai emasnya, padahal dengan adanya gadai emas sangat membantu perekonomian nasabah yang merosot karena pandemi COVID-19. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan strategi pemasaran produk gadai emas, sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan strategi pemasaran produk gadai emas pada PT. Pegadaian Cabang Syariah di masa pandemi COVID-19. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah 4 orang informan, dan analisis datanya adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian wawancara yang dilakukan oleh peneliti. Strategi pemasaran yang dilakukan di masa pandemi COVID-19 yaitu lebih banyak membagikan brosur-brosur, prospek, mengaktifkan aplikasi pegadaian, melalui media sosial, menelpon nasabah, menjemput barang gadaian nasabah. Strategi pemasaran selanjutnya adalah meningkatkan taksiran, menurunkan jasa, dan selanjutnya adalah membuat nasabah itu senyaman mungkin jika ada nasabah yang menunggu antrian di kantor PT. Pegadaian Cabang Syariah Alaman Bolak

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Budi Gautama Siregar, S.Pd., M.M. dan Rodame Monitorir Napitupulu, M.M.
Keywords: Strategi pemasaran;, Gadai emas; Covid-19
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012705 al-Rahn (Pergadaian)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 14 Jun 2022 03:54
Last Modified: 23 Nov 2022 02:51
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7702

Actions (login required)

View Item View Item