Nasution, Erni (2022) Strategi Bank Syariah Indonesia dalam menarik masyarakat untuk membayar zakat (studi kasus Bank Syariah Indonesia Cabang Gunung Tua). Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1740100103.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi perbankan syariah adalah lembaga yang melaksanakan tiga fungsi utama yaitu menerima simpanan uang, meminjamkan uang, dan layanan-layanan. Dan Bank Syariah Indonesia Gunung Tua telah memberikan kemudahan bagi nasabah untuk membayar zakat. Karena zakat hukumnya wajib tiap-tiap muslim yang mempunyai harta benda menurut ketentuan yang telah ditetapkan hukum Islam. Rumusan masalah dari penelitian ini bagaimana Strategi Bank Syariah Indonesia dalam menarik masyarakat untuk membayar zakat (studi kasus bank syariah indonesia cabang Gunung Tua). Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi Bank Syariah Indonesia dalam menarik masyarakat untuk membayar zakat (studi kasus Bank Syariah Indonesia cabang Gunung Tua). Teori-teori yang mendukung penelitian ini terdiri dari pengertian strategi, bank syariah, prinsip perbankan syariah, Fungsi bank syariah, perbankan syariah sebagai pengelolaan zakat, zakat, harta yang dizakatkan, fungsi zakat, dasar kewajiban zakat, hikmah zakat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun subjek penelitian ini adalah karyawan maupun staf di Bank Syariah Indonesia Gunung Tua. Teknis pengumpulan data dengan menggunkan teknis wawancara, observasi dengan subjek penelitian dan dokumentasi. Sedangkan teknis analisis data menggunakan kualitatif deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti dalam menarik masyarakat untuk membayar zakat di Bank Syariah Indonesia Gunung Tua dengan menjelaskan apa saja keunggulan yang ada di Bank Syariah Indonesia Gunung Tua, dan memberikan layanan yang layan bagi nasabah untuk transaksi dalam membayar zakat. Strategi yang dilakukan Bank Syariah Indonesia dalam menarik masyarakat untuk membayar zakat adalah dengan menggunakan strategi marketing mix yakni product, promotion, people, place.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Darwis Harahap, S.H.I., M.Si. dan Muhammad Wandisyah R. Hutagalung, M.E. |
Keywords: | Strategi; Membayar zakat; Perbankan syariah |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 14 Jun 2022 03:35 |
Last Modified: | 23 Nov 2022 02:50 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7701 |
Actions (login required)
View Item |