Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh biaya promosi dan biaya distribusi terhadap volume penjualan pada PT Unilever Indonesia Tbk

Harahap, Wirda Sopiani (2021) Pengaruh biaya promosi dan biaya distribusi terhadap volume penjualan pada PT Unilever Indonesia Tbk. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1740200201.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (9MB)

Abstract

Dalam meningkatkan volume penjualan barang PT Unilever Indonesia berfokus pada strategi pemasaran terutama pada pemasaran mengenai promosi dan distribusi. Besaran biaya yang dikeluarkan untuk kegiatan promosi dan distribusi akan sangat menentukan seberapa banyak barang dapat terjual. Penelitian ini bermaksud menguji apakah terdapat pengaruh biaya promosi dan biaya distribusi terhadap volume penjualan, dan penelitian inibertujuan untuk mengetahui pengaruh biaya promosi dan biaya distribusi secara parsial dan secara simultan. Teori yang digunakan pertama, untuk biaya promosi semakin besar biaya promosi maka akan semakin meningkat volume penjualan. Kedua, untuk biaya distribusi semakin besar biaya distribusi yang dikeluarkan maka akan semakin meningkat volume penjualan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan triwulan PT Unilever Indonesia periode 2011-2020. Penentuan sampel dalam penelitian ini dipilih menggunakan teknik non probality sampling atau sampel jenuh. Dalam penelitian ini terdapat 40 laporan keuangan yang menjadi sampel dalam penelitian ini. Teknik analisis yang digunakan adalah uji statistic deskriptif, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji autokorelasi, uji linearitas, analisis regresi berganda, uji hipotesis yang diolah menggunakan softwareSPSS versi 25. Hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa variabel biaya promosi tidak berpengaruh terhadap volume penjualan, dan biaya distribusiberpengaruh terhadap volume penjualan.Sedangkan hasil dari uji secara simultan variabel biaya promosi dan biaya distribusi berpengaruh terhadap volume penjualan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Darwis Harahap., S.H.I., M.Si dan Damri Batubara, M.A
Keywords: Biaya distribusi; Biaya promosi; Volume penjualan
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140209 Industry Economics and Industrial Organisation
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 09 Jun 2022 07:22
Last Modified: 23 Nov 2022 02:08
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7659

Actions (login required)

View Item View Item