Diaztama, Virsefta (2021) Pengaruh bagi hasil dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas nasabah pada PT.Bank Muamalat Indonesia Tbk Cabang Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1540100093.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah terjadinya fluktuasi variabel Loyalitas nasabahpada tahun 2012 sampai 2020pada PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk. Loyalitas nasabahyang mengalami fluktuasi ini dipengaruhi oleh faktor internal perusahaan seperti bagi hasil, kualitas pelayanan, dan citra bank. Faktor eksternal dipengaruhi oleh kepuasan nasabah.Sehingga rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh bagi hasil, kualitas pelayanan terhadap loyalitas nasabah pada PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk cabang padangsidimpuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuipengaruh bagi hasil, kualitas pelayanan terhadap loyalitas nasabah pada pt. bank muamalat indonesia tbk cabang padangsidimpuan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalahteori loyalitas nasabah yang terdiri dari pengertian loyalitas nasabah, karateristik loyalitas nasabah, jenis jenis loyalitas nasabah, tahapan dan tingkat loyalitas nasabah.Kemudian teori bagi hasil yang terdiri dari pengertian bagi hasil, konsep-konsep bagi hasil, jenis-jenis bagi hasil dan sistem perhitungan bagi hasil di bank syariah. Selanjutnya teori kualitas pelayanan yang terdiri dari pengertian kualitas pelayanan, karateristik dari kualitas pelayanan, kualitas pelayanan menurut islam ,ciri-ciri pelayanan yang baik, dan indikator kualitas pelayanan. Dan yang terakhir pengertian bank syariah, fungsi bank syariah. Jenis Penelitian yang digunakan penelitian kuantitatif dan sumber data primer berupa kuesioner yang diberikan kepada nasabah tabungan iB Prima pada PT. Bank Muamalat Indonesiatbk cabang padangsidimpuan.Teknis analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik random sampling. Populasi sebanyak 106 orang dan sampel sebanyak 51 orang dengan menggunakan rumus slovin. Hasil penelitian secara parsial dengan hasil thitung > ttabel = (5,399 > 1,677), hal ini dapat diartikan secara parsialbagi hasil berpengaruh terhadap loyalitas nasabah. Secara parsial thitung < ttabel = (0,744 < 1,677). Hal ini dapat diartikan secara parsial kualitas pelayanan tidak berpengaruh terhadap loyalitas nasabah.Secara simultan bagi hasil, kualitas pelayanan dengan nilaiFhitung > Ftabel = 31,750 >3,190. Hal ini berarti bahwa bagi hasil, kualitas pelayananberpengaruh secara simultan terhadap loyalitas nasabah pada PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Abdul Nasser Hasibuan, M.Si dan Rini Hayati Lubis, MP |
Keywords: | Bagi hasil; Kualitas nasabah; Loyalitas nasabah |
Subjects: | 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 11 Feb 2022 02:08 |
Last Modified: | 11 Feb 2022 02:08 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7623 |
Actions (login required)
View Item |