Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Implementasi pendidikan karakter di SMP IT Bunayya Padangsidimpuan

Sihombing, Sahrijal (2021) Implementasi pendidikan karakter di SMP IT Bunayya Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1620100049.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Adapun yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kondisi Pendidikan Karakter di SMP IT Bunayya Padangsidimpuan dan bagaimana model pelaksanaan pendidikan karakter di SMP IT Bunayya Padangsidimpuan. Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah peneliti melihat adanya keunikan di sekolah SMP IT Bunayya Padangsidimpuan yaitu dilaksanakannya pendidikan karakter di sekolah tersebut dan siswa-siswinya sangat disiplin, yang sangat menarik bagi peneliti adalah apa model pelaksanaan pendidikan karakter yang dilakukan di SMP IT Bunayya Padangsidimpuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendiskripsikan bagaimana kondisi pendidikan karakter di SMP IT Bunayya Padangsidimpuan. Pendidikan karakter adalah suatu usaha manusia secara sadar dan terencana untuk mendidik dan memberdayakan potensi peserta didik guna membangun karakter pribadinya sehingga dapat menjadi individu yang bermanfaat bagi diri sendiri dan lingkungannya. Dengan demikian pada dasarnya fungsi pendidikan karakter berbeda dengan tujuan pendidikan karakter, yaitu pendidikan karakter berfungsi untuk membentuk karakter seorang peserta didik, sedangkan tujuan pendidikan karakter pada dasarnya adalah untuk membangun bangsa yang tangguh dimana masyaraktnya berakhlak mulia dan bermoral. Pendidikan karakter dapat dilakukan dengan berbagai model, seperti: Pembiasaan, keteladanan, disiplin. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif yakni menggambarkan objek sesuai dengan apa adanya dan menganalisisnya dengan menggunakan logika ilmiah. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini, yaitu observasi, interview atau wawancara dan dokumentasi, serta teknik pengolahan analisis data yang dilakukan adalah editing data, redaksi data, deskripsi data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa Implementasi Pendidikan Karakter di SMP IT Bunayya Padangsidimpuan sudah diterapkan. Adapun jenis-jenis karakter yang di kembangkan di SMP IT Bunayya Padangsidimpuan meliputi: karakter bersih, karakter jujur, karakter disiplin, karakter sopan dan karakter ikhlas. Serta pola pelaksanaan pendidikan karakter di SMP IT Bunayya Padangsidimpuan, yaitu pola pembiasaan, pola keteladanan dan pola pembinaan akhlak dan mental.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dra. Asnah, MA dan Hamidah, M.Pd
Keywords: Implementasi; Karakter; Pendidikan
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 04 Feb 2022 02:05
Last Modified: 04 Feb 2022 02:05
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7602

Actions (login required)

View Item View Item