Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis kemampuan baca tulis Al-Quran guru Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar di Kota Sibolga

Siregar, Syahrul Mahyuddin (2021) Analisis kemampuan baca tulis Al-Quran guru Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar di Kota Sibolga. Masters thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1923100296.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan baca dan tulis al-quran guru pendidikan agama Islam sekolah dasar Kota Sibolga. Penelitian ini dirancang dengan Jenis Penelitian ini adalah kuantitatif dan kualitatif. Kuantitatif dengan metode survey menggunakan teknik tes intelegensi untuk menjawab rumusan masalah tentang kemampuan membaca dan menulis al-Quran guru pendidikan agama Islam sekolah dasar Kota Sibolga tahun 2021. Penelitian kualitatif dengan metode wawancara untuk mengetahui faktor yang mempengarui adanya perbedaan kemampuan baca tulis al-Quran guru pendidikan agamaIslam Kota Sibolga. Sampel penelitian ini adalah seluruh guru agama Islam sekolah dasar Kota Sibolga sebanyak 70 responden. Pengukuran instrumen penelitian ini menggunakan skala Guttman, untuk memperoleh jawaban yang tegas tentang variabel kemampuan baca dan tulis al-Quran guru pendidikan agama Islam sekolah dasar. Analisis univariat tentang variabel yang diteliti diketahui bahawa kemampuan membaca al-Quran guru 59 responden atau 84,29% memiliki kemampuan tinggi, 10 responden atau 14,29% memiliki kemampuan sedang dan 1 responden atau 1,42% memiliki kemampuan rendah. Untuk kemampuan menulis al-Quran guru diperoleh 57 responden atau 81,43% memiliki kemampuan tinggi, 10 responden atau 14,29% memiliki kemampuan sedang dan 3 responden atau 4,28% memiliki kemampuan rendah. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan perhitungan uji z diketahui bahwa kemampuan baca dan tulis al-Quran memperoleh hasil 0,000 lebih kecil dari taraf signifikan 0,05 (5%), maka diambil keputusan bahwa kemampuan baca dan tulis al-Quran guru pendidikan agama Islam tidak sama dengan 80%. Dalam penenlitian ini kemampuan baca tulis guru pendidikan agama Islam Sekolah Dasar Kota Sibolga diatas 80%. Faktor penentu kemampuan baca tulis al-Quran meliputi latar belakang pendidikan, keinginan belajar yang kuat, mengikuti kegiatan mengaji al-Quran dan kebiasaan membaca dan menulis al-Quran.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisors: Dr. Magdalena, M.Ag. dan Dr.Hamdan Hasibuan, M.Pd
Keywords: Kemampuan; baca tulis Al-Quran; guru PAI
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science
Divisions: Pascasarjana > Program Magister > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Aflah Indra Pulungan
Date Deposited: 26 Jan 2022 08:17
Last Modified: 26 Jan 2022 08:17
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7552

Actions (login required)

View Item View Item