Sikumbang, Amiyatun Siyadah (2021) Efektivitas pemasaran tabungan emas di PT Pegadaian Syariah CPS Alaman Bolak Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1640100218.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Pegadaian syariah merupakan salah satu lembaga keuangan atau badan usaha Indonesia yang secara resmi mempunyai izin untuk melaksanakan kegiatan lembaga keuangan berupa pembiayaan dalam bentuk penyaluran dana kepada masyarakat atas dasar hukum gadai. Permasalahan dalam penelitian ini adalah mengenai produk tabungan emas di PT Pegadaian Syariah CPS Alaman Bolak Padangsidimpuan dilihat dari menurunnya jumlah nasabah, hal tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti jumlah nasabah belum mencapai target yang diharapkan, ini disebabkan karena kurangnya pengetahuan masyarakat terhadap produk-produk dan mekanisme yang berlandaskan prinsip syariah dan kurangnya kesadaran masyarakat terkait pentingnya menabung. Rumusan masalah penelitian ini berkaitan dengan efektivitas pemasaran yang dilakukan dalam upaya meningkatkan jumlah nasabah dan penjelasan mengenai marketing mix dan strategi pemasaran tabungan emas.Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pemasaran tabungan emas, dan keefektifan pemasaran terhadap tabungan emas di PT Pegadaian Syariah CPS Alaman Bolak Padangsidimpuan. Teori yang digunakan adalah pertama, Fatwa DSN-MUI No. 26/DSN MUI/III/2002 tentang gadai emas. Kedua, hukum gadai syariah yaitu pemenuhan prinsip prinsip syariah berpegang pada fatwa DSN-MUI No. 25/DSN-MUI/III/2002 tanggal 26 juni 2002 tentang rahn yang menyatakan bahwa pinjaman dengan menggadaikan barang sebagai jaminan hutang dalam bentuk rahn diperbolehkan. Sedangkan dalam aspek kelembagaan tetap menginduk kepada peraturan pemerintah No. 10 Tahun 1990 tanggal 10 April 1990. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Jenis data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan nasabah dan karyawan PT Pegadaian Syariah CPS Alaman Bolak Padangsidimpuan. Teknik pengolah data dengan reduksi data, editing data, deskripsi data, dan pemeriksaan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa efektivitas pemasaran yang digunakan PT Pegadaian Syariah CPS Alaman Bolak Padangsidimpuan yang pertama, melakukan promosi didalam kantor yaitu dengan strategi yang dilakukan didalam ruangan perusahaan dimana marketing pegadaian mempromosikan produk tabungan emas kepada calon nasabah agar tertarik membuka tabungan emas apabila calon nasabah belum mempunyai tabungan. Yang kedua, melakukan promosi diluar kantor yaitu dengan strategi yang dilakukan diluar perusahaan seperti dipasar maupun sekolah dengan cara membagikan brosur. Peran marketing dalam memasarkan produk yaitu mengenalkan produk-produk yang ada di PT Pegadaian Syariah CPS Alaman Bolak Padangsidimpuan. Kendala dalam memasarkan produk adalah kurangnya pengetahuan masyarakat terhadap produk-produk dan mekanisme berlandaskan prinsip syariah dan kurangnya kesadaran masyarakat terkait pentingnya menabung.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Muhammad Isa, ST, MM dan Arti Damisa, M.E.I |
Keywords: | Efektivitas pemasaran; Tabungan emas |
Subjects: | 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012705 al-Rahn (Pergadaian) 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 18 Jan 2022 03:24 |
Last Modified: | 18 Jan 2022 03:24 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7478 |
Actions (login required)
View Item |