Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengembangan keprofesian berkelanjutan guru matematika di SMA Negeri 2 Kotapinang Kecamatan Kotapinang Kabupaten Labuhanbatu Selatan

Tobing, Nur Azizah Lumban (2021) Pengembangan keprofesian berkelanjutan guru matematika di SMA Negeri 2 Kotapinang Kecamatan Kotapinang Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1720200011.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa Pengembangan keprofesian memiliki sertifikat pendidikan dilakukan dalam rangka menjaga agar kompetensi keprofesiannya tetapa sesuai denga perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya dan/atau olah raga. Pengembangan peningkatan kompetensi dimaksud dilakukan melalui sistem pembinaan dan pengembanga keprofesian guru berkelanjutan yang dikaitkan dengan perolehan angka kredit jabatan fungsional. Rumusan masalah penelitian ini bagaiman pengembangan diri guru matematika dan publikasi ilmiah guru matematika dan karya inovatif guru matematika. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Pengembagan diri guru matematika dan untuk mengetahui publikasi ilmiah guru Matematika dan karya inovatif guru Matematika. Metodologi yang digunakan penelitian adalah kualitatif menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengelolaan analisi data melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, dan data teknik menjamin keabsahan data adalah perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan keprofesian berkelanjutan guru Matematika di SMA Negeri 2 Kotapinang telah berusaha melaksanakan keprofesian dalam : memecahkan masalah, berpikir kritis dan kreatif, sebagai fasilitator dan memberikan bekal kepada peserta didik untuk. Mengetahui apakah guru matematika sudah melaksanakn keprofesian dalam pelaksanaan pembelajaran, Sedangkan yang menjadi faktor penghambat guru Matematika dalam pelaksanaan pembelajaran yaitu kurikulum, pendidik, peserta didik, sarana prasarana dan manajemen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Ahmad Nizar Rangkuti, S.Si., M.Pd dan Akhiril Pane, S.Ag., M.Pd.
Keywords: Pengembangan keprofesian; Guru; Matematika
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 17 Jan 2022 04:55
Last Modified: 17 Jan 2022 04:55
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7446

Actions (login required)

View Item View Item