Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Strategi guru dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pokok bahasan salat di SMP Negeri 8 Padangsidimpuan

Rahayu, Putri (2021) Strategi guru dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pokok bahasan salat di SMP Negeri 8 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1620100149.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian adalah guru mengatakan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pada pokok bahasan salat pertama Guru menyampaikan kemudian menjelaskan terlebih dahulu kepada siswa apa itu salat. Baik itu salat Fardhu (wajib), salat Sunnah, dan salat berjamaah. Setelah itu Guru menunjukkan tayangan berupa in-fokus agar siswa lebih paham dengan bacaan serta gerakan salat. Setelah itu Guru menyuruh siswa untuk praktek langsung di hadapan teman temannya. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Bagaimana strategi Guru di dalam kelas dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pokok bahasan salat? Bagaimana strategi Guru di luar kelas dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pokok bahasan salat? Bagaimana aktivitas belajar siswa dalam kelas pada pokok bahasan salat? Bagaimana aktivitas belajar siswa di luar kelas pada pokok bahasan salat? Untuk mengetahui strategi Guru di dalam kelas dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pokok bahasan salat, Tujuan untuk mengetahui strategi Guru di luar kelas dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pokok bahasan, Padangsidimpuan. Untuk mengetahui aktivitas belajar siswa si dalam kelas pada pokok bahasan salat, Untuk mengetahui aktivitas belajar siswa di luar kelas pada pokok bahasan salat Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif model fenomenologis. Sumber data yang dibutuhkan 3 orang untuk data primer dan 4 orang untuk data sekunder. Instrument yang digunakan yaitu obaservasi, wawancara, study dokumentasi. Dan analisis data yang digunakan adalah Klasifikasi data, reduksi data, deskriptif data, Triangulasi, menarik kesimpulan. Hasil penelitian a) Guru menyampaikan materi salat terlebih dahulu kepada siswa b) Guru menjelaskan materi salat c) Guru melakukan Tanya jawab kepada siswa d) Guru memberi evaluasi terhadap siswa. a) Guru menyuruh siswa menghafal bacaan salat, b) Guru menyuruh siswa mengambil air wudhu‟ terlebih dahulu, c) Guru mengajak siswa untuk melakukan praktek langsung ke mushalla sekolah. a) Mendengarkan penjelasan guru tentang materi salat, b) Membaca buku paket, c)Menulis atau mencatat yang disampaikan oleh guru, d) Melakukan Tanya jawab. a) Melakukan praktek, b) Menghafalkan bacaan salat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. H. Syafnan, M.Pd. dan Nursyaidah, M.Pd.
Keywords: Strategi guru; Aktivitas belajar; Salat
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040304 Fiqh, Ushul Fiqh, Islamic Jurisprudence, and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 11 Jan 2022 03:10
Last Modified: 11 Jan 2022 03:10
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7433

Actions (login required)

View Item View Item