Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Strategi pemasaran dalam meningkatkan jumlah nasabah tabungan haji pada PT. Bank Muamalat Indonesia Cabang Padangsidimpuan

Pulungan, Ari Wardana (2019) Strategi pemasaran dalam meningkatkan jumlah nasabah tabungan haji pada PT. Bank Muamalat Indonesia Cabang Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
14 401 00034.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini di latar belakangi menurunnya jumlah nasabah pada produk tabungan haji di PT. Bank Muamalat Indonesia cabang Padangsidimpuan, faktor penurunan jumlah nasabah adalah melemahnya ekonomi masyarakat pada saat itu. Masyarakat yang menabung di Bank Muamalat Cabang Padangsdimpuan sebagian bekerja sebagai petani karet. Penghasilan dari hasil karet pada saat itu tidak mencukupi untuk menabung di bank, sehingga terjadi nasabah menunggak pada pembayaran cicilan tabungan haji. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaiamana strategi pemasaran dalam meningkatkan jumlah nasabah tabungan haji pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Cabang Padangsidimpuan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran produk Tabungan haji dalam meningkatkan jumlah nasabah yang dilakukan PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Cabang Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah data primer. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah dengan menggunakan wawancara dengan Branch Sales Support dan karyawan PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Cabang Padangsidimpuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang digunakan PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Cabang Padangsidimpuan adalah bauran pemasaran (marketing mix) yaitu dengan 4P (product, price, place, dan promotion). Melalui strategi produk, PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Cabang Padangsidimpuan mengembangkan berbagai produk tabungan seperti Tabungan Muamalat iB, Tabungan Muamalat Dollar, Tabungan Muamalat iB Haji dan Umroh, Tabungan Haji Arafah, Tabungan Muamalat Umrah iB, TabunganKu, Tabungan Muamalat Rencana iB, Tabungan Muamalat Prima iB, Tabungan iB Muamalat Sahabat untuk menarik minat nasabah. Melalui strategi harga, PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Cabang Padangsidimpuan menetapkan harga yang murah dan bersaing dengan lembaga keuangan lainnya seperti bank. Melalui strategi tempat, PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Cabang Padangsidimpuan merupakan lokasi yang strategis untuk menarik nasabah dan memberikan pelayanan yang memuaskan kepada nasabah ketika bertransaksi. Melalui strategi promosi, PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Cabang Padangsidimpuan membagikan brosur serta memberikan penjelasan kepada nasabah yang mengunjungi PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Cabang Padangsidimpuan, dan membuat iklan agar nasabah lebih mengetahui tentang PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Cabang Padangsidimpuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Budi Gautama Siregar, S.Pd., MM dan Nurul Izzah, M.Si
Keywords: Strategi Pemasaran; Produk Tabungan Haji dan Umrah
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Mr. Muhammad Ihsan Ritonga
Date Deposited: 20 Apr 2020 03:32
Last Modified: 19 Jul 2021 05:12
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/742

Actions (login required)

View Item View Item