Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Determinan loyalitas nasabah pada PT. Pegadaian Cabang Syariah Alaman Bolak Padangsidimpuan

Yusniya, Yusniya (2021) Determinan loyalitas nasabah pada PT. Pegadaian Cabang Syariah Alaman Bolak Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1740100015.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Semakin berkembangnya persaingan bisnis, maka semakin sulit bagi suatu perusahaan untuk mempertahankan kesetiaan nasabah agar tidak berpindah ke perusahaan lain, hal ini dapat dilihat pada PT. Pegadaian Cabang Syariah Alaman Bolak Padangsidimpuan belum mampu mempertahankan nasabahnya. Sehingga masih ada nasabah yang belum loyal. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh kualitas pelayanan, kepuasan nasabah, dan citra perusahaan secara parsial dan simultan terhadap loyalitas nasabah pada PT. Pegadaian Cabang Syariah Alaman Bolak Padangsidimpuan? Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, kepuasan nasabah, dan citra perusahaan secara parsial dan simultan terhadap loyalitas nasabah pada PT. Pegadaian Cabang Syariah Alaman Bolak Padangsidimpuan. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan loyalitas nasabah. Kualitas pelayanan merupakan kemampuan perusahaan memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan sesuai dengan harapan pelanggan. Kepuasan nasabah merupakan respon nasabah terhadap evaluasi yang dirasakannya terhadap apa yang diberikan suatu kinerja karyawan perusahaan. Citra perusahaan merupakan pendapat nasabah dari suatu gambaran perusahaan dimata para nasabah yang terbentuk berdasarkan pengetahuan dan pengalaman suatu nasabah terhadap perusahaan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linearitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji parsial (uji t), uji simultan (uji F dengan menggunakan SPPS versi 26), serta uji koefisien determinasi (R2 ). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas nasabah pada PT. Pegadaian Cabang Syariah Alaman Bolak Padangsidimpuan, terdapat pengaruh kepuasan nasabah terhadap loyalitas nasabah pada PT. Pegadaian Cabang Syariah Alaman Bolak Padangsidimpuan, terdapat pengaruh citra perusahaan terhadap loyalitas nasabah pada PT. Pegadaian Cabang Syariah Alaman Bolak Padangsidimpuan, dan terdapat pengaruh kualitas pelayanan, kepuasan nasabah, dan citra perusahaan secara simultan terhadap loyalitas nasabah pada PT. Pegadaian Cabang Syariah Alaman Bolak Padangsidimpuan. Hal ini menunjukkan bahwa penelitian ini relevan bagi PT. Pegadaian agar memperhatikan kualitas nasabah, kepuasan nasabah, dan citra perusahaan dalam meningkatkan loyalitas nasabah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Abdul Nasser Hasibuan, M.Si dan Hamni Fadlilah Nasution, M.Pd
Keywords: Citra perusahaan; Kepuasan nasabah, Kualitas pelayanan; Loyalitas nasabah
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012705 al-Rahn (Pergadaian)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 10 Jan 2022 01:46
Last Modified: 10 Jan 2022 01:46
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7368

Actions (login required)

View Item View Item