Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh kepercayaan dan reputasi perusahaan terhadap loyalitas nasabah menggunakan produk e-banking

Utami, Dhea Putri (2021) Pengaruh kepercayaan dan reputasi perusahaan terhadap loyalitas nasabah menggunakan produk e-banking. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1740100119.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Loyalitas nasabah merupakan faktor penting dalam bisnis perbankan, untuk menciptakan nasabah yang loyal pihak bank harus menjadi lembaga terpercaya bagi nasabah dalam melakukan transaksi perbankan khususnya penggunaan produk e-banking, kepercayaan sangat penting untuk membangun hubungan jangka panjang yang menguntungkan kedua belah pihak. Tidak hanya itu saja reputasi perusahaan juga menjadi faktor pertimbangan nasabah, jika perusahaan memiliki reputasi yang baik maka nasabah akan menunjukkan sikap menyukai terhadap perusahaan yang bersangkutan sehingga dalam kondisi apapun nasabah akan tetap loyal. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh maraknya kasus cyber crime yang bisa saja menurunkan loyalitas nasabah terhadap transaksi online terkhusus penggunaan produk e-banking. Maka dari itu diperlukan suatu penelitian khusus mengenai kasus cyber crime mengingat besarnya dampak negatif yang akan terjadi, khususnya di Desa Sukadame Kecamatan Silangkitang Kabupaten Labuhanbatu Selatan yang menjadi objek penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel kepercayaan dan reputasi perusahaan terhadap loyalitas nasabah menggunakan produk e banking baik secara parsial maupun simultan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode analisis regresi berganda. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data primer yang didapat langsung dari jawaban 62 responden yang merupakan nasabah masyarakat Desa Sukadame yang menggunakan produk e banking. Hasil penelitian menunjukkan variabel kepercayaan secara parsial berpengaruh terhadap loyalitas nasabah menggunakan produk e-banking. Pada variabel reputasi perusahaan secara parsial tidak berpengaruh terhadap loyalitas nasabah menggunakan produk e-banking. Sementara secara simultan terdapat pengaruh variabel kepercayaan dan reputasi perusahaan terhadap loyalitas nasabah menggunakan produk e-banking.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Darwis Harahap, SHI, M.Si dan Aliman Syahuri Zein, M.E.I
Keywords: Kepercayaan; Reputasi perusahaan; Loyalitas nasabah
Subjects: 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0805 Distributed Computing > 080502 Mobile Technologies
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 14 Dec 2021 07:19
Last Modified: 14 Dec 2021 07:19
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7276

Actions (login required)

View Item View Item