Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis SWOT etrhadap produk tabungan haji makbul pada PT. Bank SUMUT Cabang Syariah Padangsidimpuan

Wartini, Devi (2018) Analisis SWOT etrhadap produk tabungan haji makbul pada PT. Bank SUMUT Cabang Syariah Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
14 401 00042.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh jumlah nasabah produk Tabungan Haji Makbul PT. Bank SUMUT Cabang Syariah Padangsidimpuan mengalami peningkatan dan penurunan tiap bulannya mulai dari tahun 2015 sampai dengan tahun 2017. Salah satu kendala masyarakat Padangsidimpuan adalah besarnya ongkos naik haji, kemudian tabungan ini memudahkan masyarakat untuk mengunjungi Tanah Suci. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Produk Tabungan Haji Makbul pada PT. Bank SUMUT Cabang Syariah Padangsidimpuan berdasarkan Analisis SWOT. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan Anlisis SWOT, yaitu sebuah bentuk analisis situasi dan kondisi yang bersifat deskriptif (memberi gambaran) sehingga bank bisa mengetahui apa saja yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang mereka miliki. Adapun subjek penelitian ini adalah 2 responden yaitu customer Service, dan funding Officer PT. Bank SUMUT Cabang Syariah Padangsidimpuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dengan subjek penelitian dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian dengan menggunakan Matriks SWOT menunjukkan bahwa PT. Bank SUMUT Cabang Syariah Padangsidimpuan memiliki kekuatan yaitu: memiliki brand image yang cukup kuat dipasaran, pelayanan yang cukup baik dan cepat, tabungan Haji Makbul tanpa biaya administrasi, asuransi yang gratis, dan manasik haji akbar di Medan secara gratis. Kelemahan produk yaitu: Lamanya daftar tunggu keberangkatan haji sehingga masyarakat lebih memilih umrah, promosi produk masih kurang, tabungan ini hanya di promosikan di sekitar PT. Bank SUMUT Cabang Syariah Padangsidimpuan dan pada saat manasik haji. Sedangkan peluang yaitu: masyarakat yang ada di Kota Padangsidimpuan semakin bertambah dalam hal minat untuk naik haji, dan hal ini akan menjadi kesempatan dan peluang bagi PT. Bank SUMUT Cabang Syariah Padangsidimpuan dan memiliki lokasi yang strategis yang terletak ditengah kota Padangsidimpuan menjadikan peluang bagi Bank untuk meningkatkan nasabah, dan ancaman: persaingan produk yang semakin ketat dan wilayah Padangsidimpuan cukup luas. Hasil prosedur analisis terhadap produk Tabungan Haji Makbul adalah berada pada kuadran 1 (positif-positif) yang berarti keunggulan komperatif atau strategi progresif, yaitu produk Tabungan Haji Makbul memiliki begitu banyak kekuatan serta peluang yang cukup untuk terus melakukan ekspansi, memperbesar pertumbuhan dan meraih kemajuan secara maksimal masa sekarang dan masa yang akan datang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Analisis SWOT, Produk tabungan haji makbul
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150299 Banking, Finance and Investment not elsewhere classified
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012799 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 20 Apr 2020 08:22
Last Modified: 20 Apr 2020 08:22
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/726

Actions (login required)

View Item View Item