Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pemberdayaan anak asuh berbasis ekonomi kreatif di Panti Asuhan Hayat Sabungan Jae Kecamatan Padangsidimpuan Hutaimbaru Kota Padangsidimpuan

Sihotang, Wita Marlina (2021) Pemberdayaan anak asuh berbasis ekonomi kreatif di Panti Asuhan Hayat Sabungan Jae Kecamatan Padangsidimpuan Hutaimbaru Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1630300005.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

konomi Kreatif di Panti Asuhan Hayat Sabungan Jae Kecamatan Padangsidimpuan Hutaimbaru Kota Padangsidimpuan. Pemberdayaan yang dimaksud adalah kegiatan-kegiatan pelatihan berbasis ekonomi kreatif yang diberikan Panti Asuhan Hayat Sabungan Jae kepada anak-anak asuh agar anak asuh memiliki keahlian dan dapat mengembangkan potensi dalam diri anak asuh, sehingga keahlian tersebut dapat menjadi bekal di hari kelak dimana anak asuh bukan lagi tanggungan dari Panti Asuhan Hayat Sabungan Jae. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan pemberdayaan anak asuh berbasis ekonomi kreatif di Panti Asuhan Hayat Sabungan Jae, serta efektifitas dan hambatan-hambatan dari kegiatan pemberdayaan anak asuh berbasis ekonomi kreatif di Panti Asuhan Hayat Sabungan Jae. Penelitian ini menggunakan metodologi deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan keadaan sebenarnya di lapangan secara murni dan apa adanya. Sumber data terdiri dari sumber data primer dan sekunder. Sumber data primer yaitu umi pengasuh, dan tiga orang pengurus panti, sumber data sekunder adalah sepuluh orang anak asuh, dua orang Pembina belajar, alumni/mantan anak asuh, mahasiswi magang/PDL di Panti asuhan hayat. Instrument pengumpulan data terdiri dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan analisa data, diperoleh kesimpulan bahwa di Panti Asuhan Hayat ada pelaksanaan kegiatan pemberdayaan yang berbasis ekonomi kreatif diantaranya berupa: 1) keterampilan menjahit dilaksanakan dua kali dalam seminggu pada hari kamis dan jum’at dan dibagi menjadi dua waktu yaitu pada pukul 09.00 dan pukul 13.00, 2) keterampilan memasak dilaksanakan pada setiap hari sabtu pada pukul 14.00, 3) bertani dilaksanakan setiap hari, dan pada hari minggu dilaksanakan di daerah Sipirok yaitu Desa Sialaman, dan 4) keterampilan berdagang diajarkan setiap hari senin sampai dengan hari rabu dan hari kamis sampai dengan hari jum’at selama tiga jam satiap tiga hari. Kegiatan kegiatan pemberdayaan berbasis ekonomi kreatif sangat berefek baik pada pola pikir anak asuh, anak asuh menjadi berfikir lebih dewasa dan mulai memikirkan masa depan. Adapun hambatan-hambatan yang dialami anak asuh dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan permberdayaan antara lain: 1) kurangnya waktu, 2) minimnya dana, 3) ketidakhadiran Pembina, 4) sarana prasarana yang kurang memadai.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. Agus Salim Lubis, M.Ag. dan Risdawati Siregar, S.Ag., M.Pd.
Keywords: Pemberdayaan; Anak asuh; Ekonomi kreatif
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 15 Nov 2021 03:18
Last Modified: 15 Nov 2021 03:18
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7241

Actions (login required)

View Item View Item