Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peran marketing dalam mensosialisasikan aplikasi pegadaian syariah digital (studi di PT Pegadaian Cabang Syariah Alaman Bolak)

Harahap, Kholijah Hafni (2021) Peran marketing dalam mensosialisasikan aplikasi pegadaian syariah digital (studi di PT Pegadaian Cabang Syariah Alaman Bolak). Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1640100249.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengamatan peneliti dilapangan mengenai pandangan nasabah terhadap aplikasi Pegadaian Syariah Digital yang telah diluncurkan pada tahun 2018. Dimana nasabah pegadian tersebut lebih memilih bertransaksi melalui pelayanan secara manual dibandingkan pelayanan secara digital. Penelitian ini membahas mengenai Peran Marketing dalam Mensosialisasikan Aplikasi Pegadaian Syariah Digital. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peran marketing dalam mensosialisasikan aplikasi pegadaian syariah digital dan faktor-faktor apa yang melatarbelakangi peran marketing dalam mensosialisasikan aplikasi pegadaian syariah digital. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran marketing dalam mensosialisasikan aplikasi pegadaian syariah digital dan faktor yang melatarbelakangi peran marketing dalam mensosialisasikan aplikasi pegadaian syariah digital bagi nasabah pegadaian syariah Alaman Bolak. Penelitian ini membahas tentang marketing dalam mensosialisasikan aplikasi pegadaian syariah digital. Kemudian dalam penelitian ini membahas tentang marketing, sosialisasi dan aplikasi pegadaian syariah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Alat pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik pengolahan data dan analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pihak marketing sudah mensosialisasikan aplikasi pegadaian syariah digital kepada nasabah sejak pertama kali dikeluarkannya aplikasi ini. Dalam mensosialisasikan aplikasi tersebut ada dua prosfek yang dilakukan pihak marketing, yaitu prosfek dari luar dan prosfek dari dalam. Adapun kendala yang sering dihadapi yaitu kebanyakan nasabah adalah para orang tua, sehingga mereka belum mengetahui adanya aplikasi ini, nasabah yang tidak memiliki Handphone dan tidak adanya akses internet sehingga kurang percaya bahwa ada aplikasi pegadaian syariah digital. Dalam hal ini para nasabah lebih memilih melakukan transaksi melalui secara manual dibandingkan secara online.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Windari, SE.,M.A dan Aliman Syahuri Zein, M.E.I
Keywords: Aplikasi pegadaian syariah digital; Marketing; Sosialisasi
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012705 al-Rahn (Pergadaian)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 15 Nov 2021 02:45
Last Modified: 15 Nov 2021 02:45
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7240

Actions (login required)

View Item View Item