Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh pendekatan open ended terhadap pemecahan masalah matematika pada materi himpunan dI Kelas VII SMP Negeri 6 Panyabungan

Yanti, Aprina (2021) Pengaruh pendekatan open ended terhadap pemecahan masalah matematika pada materi himpunan dI Kelas VII SMP Negeri 6 Panyabungan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1720200067.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurang pahamnya siswa dalam menyelesaikan soal matematika sehingga siswa memiliki keterbatasan kreativitas dalam menyelesaikan soal tersebut, karena proses pembelajaran yang dilakukan di sekolah masih jarang menggunakan model pembelajaran. Pembelajaran yang dilakukan masih berpusat pada guru tanpa menggunakan model pembelajaran yang dapat memberikan keaktifan pada proses belajar mengajar. Dan siswa SMP Negeri 6 juga pernah mengikuti suatu lomba olimpiade matematika. Oleh karena itu peneliti meyakini bahwa dengan menggunakan Pendekatan pembelajaran Open Ended siswa dapat lebih aktif dalam proses belajar mengajar sehingga dapat memunculkan ide mereka dalam menyelesaikan soal matematika. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mnengetahui pengaruh yang signifikan antara Pendekatan Open Ended terhadap Pemecahan Masalah Matematika. Dalam penelitian ini, jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian eksperimen yaitu dengan Pretest-Posttest pada kelas eksprimen dan control. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas VII-1 dan kelas VII-2 SMP Negeri 6 Panyabungan yang berjumlah 40 siswa pada tahun ajaran 2020/2021. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive. Purposive adalah pengambilan sampel secara tidak acak. Sehingga sampel yang digunakan adalah kelas VII-1, VII-2,. Dan instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes. Berdasarkan uji normalitas dan uji homogenitas kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Pengujian t dari hasil hipotesis yang menunjukkan thitung = 3.59 > ttabel = 2,02, maka Ha diterima dan sebaliknya Ho ditolak. Dengan demikian di ambil kesimpulan bahwa “ada pengaruh yang signifikan antara Pendekatan Open Ended terhadap pemecahan masalah matematika pada materi himpunan di kelas VII SMP Negeri 6 Panyabungan”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Almira Amir, M.Si dan Anhar, MA
Keywords: Pendekatan open ended; Pemecahan masalah; Matematika
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 10 Nov 2021 02:46
Last Modified: 10 Nov 2021 02:46
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7206

Actions (login required)

View Item View Item