Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis SWOT dalam strategi pemasaran produk Tabungan Haji Makbul pada PT Bank Sumut Cabang Syariah Padangsidimpuan

Sitompul, Mardiana (2021) Analisis SWOT dalam strategi pemasaran produk Tabungan Haji Makbul pada PT Bank Sumut Cabang Syariah Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1740100004.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

PT Bank Sumut Cabang Padangsidimpuan adalah salah satu Bank yang beroperasi menggunakan prinsip syariah sehingga Bank ini mendapatkan perhatian banyak masyarakat dan banyak diminati oleh masyarakat di kota Padangsidimpuan. Salah satu produk yang terdapat di Bank Sumut Cabang Syariah Padangsidimpuan adalah Tabungan Haji Makbul. Jumlah nasabah prod uk Tabungan Haji Makbul pada PT Bank Sumut Cabang Syariah Padangsidimpuan mengalami penurunan tiap tahunnya mulai dari tahun 2018 sampai dengan tahun 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis SWOT dalam strategi pemasaran produk tabungan haji makbul. Teori teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Kotler dan Keller yang berkaitan dengan strategi pemasaran 4P yaitu Product, Price, Place,dan promotion, dan teori Buchari Alma yang berkaitan dengan strategi pemasaran 3P yaitu Process, People, dan Physical Evidence. Teori Freddy Rangkuti yang berkaitan dengan analisis SWOT (strenghts, weaknesses, opportunities, threats) dan teori tabungan haji makbul. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah bagian Custumer Service dan Akuntansi IT dan Lap Cabang dan bagian pelayanan nasabah. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Strategi pemasaran yang dilakukan Bank Sumut Cabang Syariah adalah strategi pemasaran dengan menggunakan 7P yaitu Product, Price, Place, Promotion, People, Process, dan Physical Evidence dengan melakukan promosi ke dinas pendidikan dan kepada aparatul sipil negara (ASN), melaksanakan manasik haji ke Kota Medan secara gratis, dimana segala fasilitas sudah di sediakan seperti ongkos keberangkatan, komsumsi, kain, buku panduan haji, tas, payung kepala. Analisis SWOT Produk tabungan Haji Makbul Bank Sumut Cabang Syariah Padangsidimpuan yaitu Kekuatan (strenghts) produk tabungan haji dapat diperuntukkan atas nama anak dibawah umur 17 tahun dan melaksanakan manasik haji ke Kota Medan secara gratis, dimana segala fasilitas sudah di sediakan dan jadwal pemberangkatan haji lebih cepat di bandingkan dengan bank lain. Kelemahan (weaknesses) Promosi produk kurang optimal dalam media elektronik seperti dari radio, iklan televisi, dan pihak bank tidak menyediakan haji plus dan talangan haji. Peluang (opportunities) Lokasi yang strategis, Mayoritas penduduk Beragama Islam. Ancaman (threats) Banyaknya persaingan antar bank yang dimana saling menawarkan produk tabungan Haji,dan juga musim Covid-19 yang terjadi pada akhir tahun 2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Muhammad Isa, ST, MM dan Rini Hayati Lubis, MP
Keywords: SWOT; Strategi pemasaran; Tabungan Haji Makbul
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 10 Nov 2021 01:35
Last Modified: 10 Nov 2021 01:35
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7199

Actions (login required)

View Item View Item