Sundhari, Sri (2021) Pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan nasabah menggunakan produk bank syariah. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1740100096.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (6MB) |
Abstract
Keberadaan bank syariah di masyarakat desa pudun jae kecamatan padangsidimpuan batunadua kota padangsidimpuan sudah lama diketahui oleh masyarakat, terutama masyarakat desa pudun jae kecamatan padangsidimpuan batunadua kota padangsidimpuan itu sendiri. Hal ini masyarakat pernah mengetahui bahwa adanya bank syariah, tetapi beberapa masyarakat kurang mengetahui dan memahami tentang produk-produk yang ditawarkan oleh bank syariah, Namun, beberapa masyarakat yang peneliti temui melalui penelitian awal, beberapa masyarakat tersebut ada juga yang menggunakan bank syariah sebagai tempat menyimpan uangnya, sehingga masyarakat tersebut lebih memilih menggunakan bank syariah sebagai tempat simpanan dan kepentingan keuangan lainnya. Hal itu membuat peneliti bertanya, faktor apa saja yang menjadi keputusan masyarakat menggunakan produk di bank syariah. Penelitian ini menggunakan bauran pemasaran sebagai variabel independen, dimana bauran pemasaran tersebut terdiri dari lokasi, harga, produk, dan promosi. Sedangkan keputusan nasabah sebagai variabel dependen dengan tujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh dari keempat variabel tersebut terhadap keputusan nasabah menggunakan produk bank syariah. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat desa pudun jae kecamatan padangsidimpuan batunadua kota padangsidimpuan yang telah menjadi nasabah di bank syariah yaitu berjumlah 67 Orang, dan jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah semua populasi tersebut dengan menggunakan teknik sampel jenuh. Sedangkan teknik pengumpulan datanya menggunakan data primer. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji instrumen (uji validitas dan uji reliabilitas), analisis deskriptif, uji asumsi klasik (uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji autokorelasi), analisis regresi linear berganda, uji hipotesis (uji signifikansi parsial (uji t), uji signifikan simultan (uji F), uji koefisien determinasi (R2 ), menggunakan SPSS versi 25 sebagai alat pengolah data. Hasil penelitian menunjukkan seluruh variabel lolos dalam uji asumsi klasik. Sedangkan pada uji statistik menunjukkan variabel lokasi, harga, dan produk secara parsial tidak berpengaruh terhadap keputusan nasabah menggunakan produk bank syariah. Sedangkan variabel promosi secara parsial berpengaruh terhadap keputusan nasabah menggunakan produk bank syariah. Kemudian variabel lokasi, harga, produk, dan promosi secara bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan nasabah menggunakan produk bank syariah. Kemampuan prediksi keempat variabel independen terhadap keputusan nasabah menggunakan produk bank syariah sebesar 26,4% yang ditunjukkan dari besarnya R 2 square sisanya 73,6% dijelaskan oleh variabel diluar model penelitian.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Drs. Kamaluddin, M.Ag dan Rodame Monitorir Napitupulu, M.M |
Keywords: | Lokasi; Harga; Produk; Promosi; Keputusan nasabah |
Subjects: | 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 10 Nov 2021 01:22 |
Last Modified: | 10 Nov 2021 01:22 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7197 |
Actions (login required)
View Item |