Daulay, Aminah Rahman (2021) Pengaruh etika pemasaran Islam dan kualitas pelayanan terhadap keputusan nasabah menggunakan produk perbankan syariah. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1740100365.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masyarakat di kelurahan Sihitang lingkungan I belum sepenuhnya mengetahui tentang perbankan syariah, sehingga masyarakat beranggapan bahwasanya tidak ada perbedaan antara bank konvensional dengan bank syariah dari segi produknya, etika pemasaran, dan kualitas pelayanannya. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh etika pemasaran Islam dan kualitas pelayanan terhadap keputusan nasabah menggunakan produk perbankan syariah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh etika pemasaran Islam dan kualitas pelayanan terhadap keputusan nasabah menggunakan produk perbankan syariah. Teori dalam penelitian ini berkaitan dengan teori perbankan syariah yaitu teori etika pemasaran Islam, teori kualitas pelayanan, teori keputusan nasabah, dan teori produk perbankan syariah. Jenis penelitian yang digunakan penelitian kuantitatif dan bersumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dengan jumlah sampel 92 orang/responden. Teknik pengelolahan data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji statistik deskriptif, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heterokedastisitas, uji koefisien determinasi (R2 ), uji analisis regresi linear berganda, uji t (parsial), Uji F (simultan). Hasil penelitian secara parsial (uji t) etika pemasaran Islam tidak berpengaruh terhadap keputusan nasabah menggunakan produk perbankan syariah dan kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah menggunakan produk perbankan syariah, sedangkan secara simultan (uji F) etika pemasaran Islam dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah menggunakan produk perbankan syariah. Dimana r square variabel sebesar 28,2% dipengaruhi oleh variabel ini dan 71,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang peneliti tidak cantumkan di dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Abdul Nasser Hasibuan, M.Si dan Rodame Monitorir Napitupulu, M.M |
Keywords: | Etika pemasaran Islam; Kualitas pelayanan; Keputusan nasabah |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 09 Nov 2021 02:02 |
Last Modified: | 09 Nov 2021 02:02 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7195 |
Actions (login required)
View Item |