Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh bauran promosi terhadap minat nasabah menggunakan produk tabungan haji pada PT. Bank Muamalat Indonesia KCU Padangsidimpuan

Panggabean, Syahmizi (2020) Pengaruh bauran promosi terhadap minat nasabah menggunakan produk tabungan haji pada PT. Bank Muamalat Indonesia KCU Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1540100211.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Latar Belakang masalah dalam penelitian ini adalah pada kenyataannya masih banyak nasabah atau masyarakat belum terlalu mengenal produk tabungan haji, yang bisa dilihat dari data nasabah PT Bank Muamalat Indonesia KCU Padangsidimpuan jumlah yang menggunakan produk tabungan haji setiap tahunnya mengalami fluktuasi, Oleh karena itu bank dapat melakukan bauran promosi dengan cara Periklanan, Promosi Penjualan, Penjualan Pribadi, Publisitas. Rumusan masalah apakah terdapat pengaruh bauran promosi terhadap minat nasabah menggunakan produk tabungan haji di PT Bank Muamalat Indonesia KC Padangsidimpuan. Peneltian ini dilakukan untuk mengetahui Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Produk Tabungan haji di PT Bank Muamalat Indonesia KCU Padangsidimpuan. Pembahasan dalam penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu perbankan syariah. Sehubung dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan periklanan, promosi penjualan, penjualan pribadi, publisitas dan minat nasabah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Dengan sumber data yaitu data primer. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dengan jumlah sampel 86 nasabah. Analisis data yang digunakan uji validitas, uji reliabilitas, statistik deskriptif, uji normalitas, anlisis regresi berganda dan koefisien determinasi (R2).Untuk pengolahan datanya digunakan dengan software SPSS Versi 22. Hasil penelitian ini menunjukkan secara parsial (uji t) menyatakan bahwa, Periklanan memiliki thitung < ttabel -0,542 <0,129artinya Periklanan tidak berpengaruh siginfikan terhadap minat nasabah. Promosi penjualan memiliki ttabel < thitung-0,376< 0,1291artinya Promosi penjualan tidak berpengaruh signifikan terhadap minat nasabah.Penjualan pribadi memiliki thitung > ttabel 1,431>0,1291 artinya Penjualan pribadi berpengaruh signifikan teradap minat nasabah. Publisitas memiliki thitung > ttabel 10,191 > 0,1291 artinya publisitas berpengaruh siginifikan terhadap minat nasabah. Hasil penelitian secara simultan (uji f) menyatakan bahwa Periklanan, Promosi Penjualan, Penjualan pribadi, Publisitas memiliki Fhitung >Ftabel 26,436>2,72 dan tingkat signifikansi yang diperoleh (0,000 < 0,1) artinya Periklanan, Promosi Penjualan, Penjualan pribadi, Publisitas secara simultan berpengaruh siginifikan terhadap minat nasabah. Sedangkan R2 sebesar 56,6%.X1 X2 X3 dan X4 terhadap minatsedangkan43.4% sisanya dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model regresi ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. Kamaluddin, M,Ag. dan Windari, S.E., M.A.
Keywords: Periklanan; Promosi Penjualan; Penjualan Pribadi; Publisitas; Minat
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1504 Commercial Services
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Mr. Aflah Indra Pulungan
Date Deposited: 05 Nov 2021 08:46
Last Modified: 05 Nov 2021 08:54
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7179

Actions (login required)

View Item View Item