Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Strategi pengawas dalam meningkatkan profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar di Kota Sibolga

Gusman, Sri Wahyuni (2021) Strategi pengawas dalam meningkatkan profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar di Kota Sibolga. Masters thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1923100293.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini berangkat dari fenomena kekurang mampuan guru Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar di Kota Sibolga dalam merancang desain pembelajaran dan memilih metode pembelajaran yang tepat. Hal ini diketahui dari permisifnya praktik copy paste perangkat pembelajaran di kalangan guru dan praktik mengajar guru yang bersifat monoton (teacher centered). Studi terhadap dokumen Laporan Pengawas Pendidikan Agama Islam tahun 2020 menunjukkan bahwa 32,43% perangkat pembelajaran yang digunakan oleh guru merupakan hasil copy paste dari rekan sejawat, 33,78% merupakan hasil modifikasi, 24,32% merupakan hasil penyusunan bersama dengan teman dan 9,4% disusun dengan guru dalam forum kelompok kerja guru. Sementara itu, dari sisi praktik mengajar terdapat 29,72% guru Pendidikan Agama Islam yang masih menerapkan pembelajaran bersifat monoton (teacher centered). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengawas dalam meningkatkan profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar di Kota Sibolga melalui langkah-langkah perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi kepengawasan yang sistematis, tertib dan terukur. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dengan jenis deskriptif kualitatif yang menggunakan pendekatan managerial. Sumber data menggunakan data primer dan sekunder yang disampling secara purposive sampling. Instrumen pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Keabsahan data diperoleh dengan pengamatan dan triangulasi. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengawas Pendidikan Agama Islam berhasil meningkatkan profesionalisme guru sebesar 3,57% melalui strategi menetapkan sasaran program kepengawasan, menjaring guru yang akan disupervisi berdasarkan data capaian kinerja guru pada dokumen laporan kepengawasan periode sebelumnya dan rekomendasi dari kepala sekolah, menetapkan instrument supervisi yang akan digunakan, melakukan kunjungan kelas secara regular, mencatat temuan supervisi dan menetapkan rencana tindaklanjut perbaikan, membina komunikasi yang efektif dan meningkatkan hubungan interpersonal dengan guru binaan, memberikan apresiasi dan motivasi kepada para guru agar mereka mampu menunjukkan kinerja terbaiknya serta mengoptimalkan wadah kelompok kerja guru PAI dan aplikasi Smarttendik sebagai sarana meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisors: Dr. Muhammad Darwis Dasopang, M.Ag. dan Dr. Erawadi, M.Ag.
Keywords: Strategi pengawas; Profesionalisme guru PAI
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
13 EDUCATION > 1301 Education Systems
Divisions: Pascasarjana > Program Magister > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Aflah Indra Pulungan
Date Deposited: 05 Nov 2021 08:17
Last Modified: 05 Nov 2021 08:17
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7175

Actions (login required)

View Item View Item