Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Problematika penilaian autentik kompetensi sikap pada guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal

Hikayat, Sohibul (2021) Problematika penilaian autentik kompetensi sikap pada guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal. Masters thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1823100271.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Tesis ini membahas tentang gambaran mengenai problematika perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan hasil penilaian autentik kompetensi sikap pada guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaiamana: 1) Problematika dalam perencanaan autentik kompetensi sikap pada guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal. 2) Problematika dalam pelaksanaan penilaian autentik kompetensi sikap pada guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal. 3) Problematika dalam pelaporan hasil penilaian autentik kompetensi sikap pada guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini adalah kualitatif deskriptif yaitu penelitian yang dilakukan dengan mengamati fenomena-fenomena yang terjadi secara fakta dan menganalisisnya dengan logika berfikir ilmiah. Hasil temuan dalam penelitian menunjukkan bahwa: 1). Problematika dalam perencanaan penilaian autentik kompetensi sikappada guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal adalahkesulitan dalam penyusunan instrumen penilaian autentik kompetensi sikap. 2). Problematika dalam pelakasanaan penilaian autentik kompetensi sikap pada guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal adalah pelaksanaan penilaian autentik kompetensi sikap sesuai dengan perencanaan penilaian autentik kompetensi sikap, tidak menginformasikan penilaian kepada peserta didik, kurangnya kreativitas guru Pendidikan Agama Islam, banyaknya jumlah peserta didik dalam satu kelas, ketersedian waktu yang kurang, tidak adildalam penilaian kompetensi sikap terhadap semua peserta didik. 3). Problematika dalam pelaporan hasil penilaian autentik kompetensi sikap pada guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal adalah belum mampu dalam pengolahan hasil penilaian autentik kompetensi sikap dan Belum ada rekap nilai khusus penilaian sikap bahkan guru Pendidikan Agama Islam tidak memiliki aplikasi raport Kurikulum 2013.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisors: Dr. Magdalena, M.Ag. dan Dr. Lelya Hilda, M.Si.
Keywords: Penilaian Autentik Kompetensi Sikap; Guru Pendidikan Agama Islam
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Pascasarjana > Program Magister > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Aflah Indra Pulungan
Date Deposited: 05 Nov 2021 07:12
Last Modified: 05 Nov 2021 07:12
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7169

Actions (login required)

View Item View Item