Hikayat, Sohibul (2021) Problematika penilaian autentik kompetensi sikap pada guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal. Masters thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1823100271.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Tesis ini membahas tentang gambaran mengenai problematika perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan hasil penilaian autentik kompetensi sikap pada guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaiamana: 1) Problematika dalam perencanaan autentik kompetensi sikap pada guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal. 2) Problematika dalam pelaksanaan penilaian autentik kompetensi sikap pada guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal. 3) Problematika dalam pelaporan hasil penilaian autentik kompetensi sikap pada guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini adalah kualitatif deskriptif yaitu penelitian yang dilakukan dengan mengamati fenomena-fenomena yang terjadi secara fakta dan menganalisisnya dengan logika berfikir ilmiah. Hasil temuan dalam penelitian menunjukkan bahwa: 1). Problematika dalam perencanaan penilaian autentik kompetensi sikappada guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal adalahkesulitan dalam penyusunan instrumen penilaian autentik kompetensi sikap. 2). Problematika dalam pelakasanaan penilaian autentik kompetensi sikap pada guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal adalah pelaksanaan penilaian autentik kompetensi sikap sesuai dengan perencanaan penilaian autentik kompetensi sikap, tidak menginformasikan penilaian kepada peserta didik, kurangnya kreativitas guru Pendidikan Agama Islam, banyaknya jumlah peserta didik dalam satu kelas, ketersedian waktu yang kurang, tidak adildalam penilaian kompetensi sikap terhadap semua peserta didik. 3). Problematika dalam pelaporan hasil penilaian autentik kompetensi sikap pada guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal adalah belum mampu dalam pengolahan hasil penilaian autentik kompetensi sikap dan Belum ada rekap nilai khusus penilaian sikap bahkan guru Pendidikan Agama Islam tidak memiliki aplikasi raport Kurikulum 2013.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Magdalena, M.Ag. dan Dr. Lelya Hilda, M.Si. |
Keywords: | Penilaian Autentik Kompetensi Sikap; Guru Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Pascasarjana > Program Magister > S2 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr. Aflah Indra Pulungan |
Date Deposited: | 05 Nov 2021 07:12 |
Last Modified: | 05 Nov 2021 07:12 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7169 |
Actions (login required)
View Item |