Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengembangan keprofesian berkelanjutan guru matematika di SMP Negeri 6 Panyabungan

Sari, Roimah (2021) Pengembangan keprofesian berkelanjutan guru matematika di SMP Negeri 6 Panyabungan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1720200003.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Latarbelakang masalah ini adalah pengembangan keprofesian berkelanjutan guru matematika di SMP Negeri 6 Panyabungan yang relatif rendah dan tipis. Hal ini disebabkan karena sedikitnya kuota yang diberikan dinas, ketidak ingintahuan terhadap Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) dan kurangnya niat seorang guru untuk mengikuti. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah pengembangan diri yang dilakukan guru matematika yang kegiatannya mencakup diklat fungsional dan kegiatan kolektif, publikasi ilmiah yang dilakukan guru matematika yang di dalamnya persentasi pada forum ilmiah, publikasi ilmiah,dan publikasi buku teks pelajaran, dan karya inofatif yang dilakukan guru di SMP Negeri 6 Panyabungan yang berupa penemuan tekhnologi tepat guna dan pengembangan karya seni. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah terdiri dari observasi di SMP Negeri 6 Panyabungan, wawancara secara langsung dengan kepala sekolah dan guru matematika. Dalam penelitian ini di dukung oleh data dokumentatif serta literatur pendukung relevan terhadap masalah yang dideskripsikan. Selanjutnya penelitian ini dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif kualitataif yang bertujuan untuk menggambarkan bagaimana pengembangan keprofesian berkelanjutan guru matematika di SMP Negeri 6 Panyabungan dan cara menghadapi masalah yang di hadapi dalam menjalankan pengembangan keprofesian berkelanjutan guru matematika. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa dalam menjalankan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) guru matematika ada beberapa masalah yaitu sedikitnya kuota yang diberikan, ketidak ingintahuan terhadap Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) dan kurang niat seorang guru dalam mengikuti Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB). Upaya guru dalam mengatasi masalah tersebut dengan cara mengakses di internet tentang informasi-informasi yang baerkaitan dengan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB), sharing dengan guru-guru yang telah berpengalaman.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Ahmad Nizar Rangkuti, S.Si., M.Pd dan Rahma Hayati Siregar, M.Pd
Keywords: Guru matematika; Pengembangan keprofesian berkelanjutan; PKB; SMP; SMP Negeri 6 Panyabungan
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 04 Nov 2021 02:38
Last Modified: 04 Nov 2021 02:38
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7131

Actions (login required)

View Item View Item