Batubara, Riki Anggara (2021) Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan nasabah memilih pembiayaan rahn pada PT. Pegadaian Cabang Syariah Alaman Bolak. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1440100162.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Persaingan yang begitu keras di lembaga keuangan, menuntut lembaga keuangan syariah melakukan strategi untuk memperkenalkan produk yang mereka tawarkan ke masyarakat. Permasalahan penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan jumlah nasabah pembiayaan rahn pada PT. Pegadaian Cabang Syariah Alaman Bolak yang tiap tahunya mengalami penurunan. Salah satu strategi untuk mempengaruhi keputusan nasabah memilih pembiayaan rahn pada PT. Pegadaian Cabang Syariah Alaman Bolak Padangsidimpuan adalah promosi dan pelayanan. Adapun permasalahan yang diteliti yaitu Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Nasabah Memilih Pembiayaan Rahn Pada PT. Pegadaian Cabang Syariah Alaman Bolak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah promosi dan pelayanan mempunyai pengaruh terhadap keputusan nasabah memilih pembiayaan Rahn Pada PT. Pegadaian Cabang Syariah Alaman Bolak. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori tentang keputusan nasabah, teori tentang Promosi, dan teori tentang Pelayanan. Secara umum penelitian ini banyak bersinggungan dengan teori-teori dalam ilmu manajemen pemasaran. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis uji regresi linier berganda, koefisien determinasi (R2 ), signifikansi parsial (uji-t) dan Uji signifikansi Simultan (Uji F). Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan sampel 97 nasabah dengan teknik pengambilan sampel adalah sampling Insidental. Pengolahan data dilakukan dengan SPSS versi 22. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan peneliti, terdapat pengaruh antara variabel bebas terhadap variabel terikat. Hal tersebut diperoleh dari uji koefisien determinasi (R2 ) dengan nilai R square sebesar 0,511 artinya 51,1% pengaruh yang signifikan variabel terikat dipengaruhi oleh variabel bebas, sedangkan sisanya 48,9% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Hasil penelitian secara parsial (uji-t) menunjukkan bahwa secara parsial promosi memiliki pengaruh terhadap keputusan nasabah, yang dibuktikan dengan nilai bahwa thitung > ttabel (3,427 > 1,661) atau Ha1 diterima. Pada variabel pelayanan secara parsial juga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan nasabah, yang dibuktikan dengan nilai thitung > ttabel (4,035 > 1,661) Ha2 diterima. Hasil penelitian secara simultan (uji F) menunjukkan bahwa promosi dan pelayanan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan nasabah, yang dibuktikan dengan nilai Fhitung > Ftabel (49,030 > 2,36) maka Ha3 diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Darwis Harahap, SHI, M.Si dan Ja'far Nasution, Lc., M.E.I |
Keywords: | Promosi; Pelayanan; Keputusan nasabah |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012705 al-Rahn (Pergadaian) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 21 Oct 2021 07:34 |
Last Modified: | 25 Oct 2021 03:32 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7082 |
Actions (login required)
View Item |