Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peranan customer service dalam meningkatkan loyalitas nasabah penabung pada PT. Bank Muamalat Indonesia KCU Padangsidimpuan

Pane, Sri Ayu Handayani (2021) Peranan customer service dalam meningkatkan loyalitas nasabah penabung pada PT. Bank Muamalat Indonesia KCU Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1540100012.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Peranan dari customer service di perbankan sangatlah penting dalam hal pemberian pelayanan jasa kepada setiap nasabah. Pelayanan yang diberikan baik berupa penjelasan produk yang akan ditawarkan atau juga memberikan berbagai informasi yang dibutuhkan oleh nasabah agar para nasabah menjadi loyal. Nasabah yang memiliki loyalitas tinggi akan cenderung untuk lebih sering menggunakan produk/jasa dari bank tersebut. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peranan customer servive dalam meningkatkan loyalitas nasabah penabung pada PT. Bank Muamalat Indonesia KCU Padangsidimpuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peranan customer service dalam meningkatkan loyalitas nasabah penabung di PT. Bank Muamalat Indonesia KCU Padangsidimpuan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah mengenai tugas dan fungsi customer service, peranan customer service. Selanjutnya, loyalitas nasabah adalah komitmen nasabah terhadap produk/jasa secara terus-menerus di suatu bank tanpa berpindah ke bank lain. Dalam hal ini teori yang digunakan adalah karakteristik loyalitas nasabah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Adapun subjek penelitian dalam penelitian ini adalah customer service dan beberapa nasabah penabung pada PT. Bank Muamalat Indonesia KCU Padangsidimpuan. Sumber data dari penelitian ini ada dua yaitu data sekunder dan data primer. Adapun teknik pengumpul data dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun aktivitas dalam analisis data antara lain reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian yang dilakukan diketahui beberapa peranan dari customer service PT. Bank Muamalat KCU Padangsidimpuan dalam meningkatkan loyalitas nasabah antara lain memberikan informasi yang jelas kepada setiap nasabah baru, selalu bersikap sopan, ramah dan juga bersikap tenang dalam melayani para nasabah. Selain itu, menyampaikan informasi kepada nasabah terkait kemudahan yang diberikan pihak Bank kepada para nasabah dalam melakukan transaksi keuangan melalui ATM, SMS banking, SalaMuamalat, Muamalat mobile banking, internet banking dan lain-lain. Peranan yang diberikan oleh customer service dapat meningkatkan loyalitas nasabah hal ini sesuai dengan hasil penelitian dimana para nasabah merasa puas dengan pelayanan yang diberikan oleh customer service PT. Bank Muamalat KCU Padangsidimpuan. Kepuasan dari para nasabah ditunjukkan dengan sikap setia para nasabah dalam menggunakan berbagai program layanan jasa yang ditawarkan oleh pihak bank.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Abdul Nasser Hasibuan, M.Si dan Arti Damisa, M.E.I
Keywords: Customer service; Loyalitas; Nasabah; Penabung
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 07 Oct 2021 02:54
Last Modified: 25 Oct 2021 03:40
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7062

Actions (login required)

View Item View Item