Ilpa, Ilpa (2021) Faktor-faktor yang mempengaruhi capital adequacy ratio (CAR) pada bank umum syariah di Indonesia. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1640100291.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Return On Asset (ROA) Bank Umum Syariah pada tahun 2015 mengalami kenaikan, akan tetapi Capital Adequacy Rasio (CAR) mengalami penurunan. Pada tahun 2017 Return On Asset (ROA) mengalami penurunan, akan tetapi Capital Adequacy Rasio (CAR) mengalami kenaikan. Pada tahun 2015 Biaya Operasional terhadap Pendapatan Operasional (BOPO) mengalami kenaikan dan Capital Adequacy Rasio (CAR) mengalami kenaikan. Pada tahun 2015 Financing Deposito Rasio (FDR) mengalami kenaikan dan Capital Adequacy Rasio (CAR) mengalami penurunan. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh Return On Asset (ROA), Biaya Operasional terhadap Pendapatan Operasional (BOPO), dan Financing Deposito Rasio (FDR) secara parsial dan simultan terhadap Capital Adequacy Rasio (CAR) pada Bank Umum Syariah di Indonesia periode 2014-2019. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh Return On Asset (ROA), Biaya Operasional terhadap Pendapatan Operasional (BOPO), Financing Deposito Rasio (FDR) secara parsial dan simultan terhadap Capital Adequacy Rasio (CAR) pada Bank Umum Syariah di Indonesia periode 2014-2019. Teori-teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori tentang Capital Adequacy Rasio (CAR) yaitu rasio tingkat kecukupan modal, Return On Asset (ROA) yaitu rasio yang menggambarkan kemampuan bank dalam mengelola dana yang diinvestasikan dalam keseluruhan asset yang menghasilkan keuntungan, Biaya Operasional terhadap Pendapatan Operasional (BOPO) yaitu digunakan untuk mengukur kemampuan manajemen bank dalam mengendalikan biaya operasional terhadap pendapatan operasional, Financing Deposito Rasio (FDR) yaitu perbandingan anatara pembiayaan yang diberikan oleh bank syariah dengan dana pihak ketiga yang dikerahkan oleh bank syariah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, penelitian ini menggunakan data sekunder, sebanyak 72 sampel. Data diolah menggunakan perhitungan SPSS 23. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji normalitas, uji asumsi klasik yaitu uji multikolinearitas, uji autokorelasi, dan uji heteroskedastisitas, uji koefisien determinasi R2, uji regresi linear berganda, uji hipotesis yaitu uji t dan uji F. Hasil penelitian secara parsial (uji t) menyatakan bahwa terdapat pengaruh Return On Asset (ROA) terhadap Capital Adequacy Rasio (CAR). Terdapat pengaruh Biaya Operasional terhadap Pendapatan Operasional (BOPO) terhadap Capital Adequacy Rasio (CAR). Terdapat pengaruh Financing Deposito Rasio (FDR) terhadap Capital Adequacy Rasio (CAR). Hasil penelitian secara simultan (uji F) terdapat pengaruh Return On Asset (ROA), Biaya Operasional terhadap Pendapatan Operasional (BOPO) dan Financing Deposito Rasio (FDR) secara simultan terhadap Capital Adequacy Rasio (CAR).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Delima Sari Lubis, MA dan Hamni Fadlilah Nasution, M.Pd |
Keywords: | BOPO; CAR; FDR; RO |
Subjects: | 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 04 Oct 2021 09:11 |
Last Modified: | 04 Oct 2021 09:11 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7048 |
Actions (login required)
View Item |