Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan model talking stick di kelas V SDN 101027 Somba Debata

Pane, Nurhabibah (2021) Upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan model talking stick di kelas V SDN 101027 Somba Debata. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1620500078.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia disebabkan karena kurangnya model pembelajaran yang bervariasi, siswa tidak mempunyai keberanian untuk bertanya apa yang tidak diketahuinya sehingga perlu digunakan perubahan dalam melaksanakan pembelajaran di kelas, salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran Talking Stick sehingga siswa lebih berani untuk bertanya apa yang tidak diketahuinya dan belajar siswa diharapkan meningkat. Penelitian ini dilakukan di kelas V SD Negeri 101027 Somba Debata. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan untuk memperbaiki keadaan suatu objek, dimana pada penelitian ini yang menjadi objek adalah siswa kelas V SD Negeri 101027 Somba Debat yang berjumlah 12 orang siswa yang terdiri dari 5 orang laki-laki dan 7 orang perempuan. Untuk mewujudkan harapan tersebut, peneliti menggunakan sebuah model pembelajaran yaitu model talking stick. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus diisi dengan dua kali pertemuan. Pada setiap pertemuaan peneliti memberikan tes untuk melihat peningkatan yang diperoleh siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa belajar bahasa Indonesia siswa dengan menggunakan model pembelajaran Talking Stick meningkat. Hasil belajar bahasa Indonesia mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hasil belajar pada siklus I Pertemuan 1 diperoleh nilai rata-rata 67,08 dengan persentase ketuntasan 41,4%. Pada siklus I pertemuan II nilai rata-rata 72,50 dengan persentase ketuntasan 58,3%. Selanjutnya hasil belajar pada siklus II Pertemuan I diperoleh nilai rata-rata siswa 78,33 dengan persentase 66,66% dan hasil belajar pada siklus II pertemuan II meningkat lagi dengan nilai rata-rata 78,75, dengan persentase ketuntasa 92,66%. Dengan peningkatan yang diperoleh, maka siklus dihentikan sampai siklus II. Jadi dapat dilihat bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Talking Stick pada materi membandingkan dua teks informasi di kela V SD Negeri 101027 Somba Debata.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Nursyaidah, M.Pd. dan Erna Ikawati, M.Pd
Keywords: Hasil belajar; Model Talking Stick
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200313 Indonesian Languages
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 30 Sep 2021 04:26
Last Modified: 25 Oct 2021 03:43
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7047

Actions (login required)

View Item View Item