Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Strategi pengembangan Produk Tabungan iB Muamalat Haji dan Umrah PT Bank Muamalat Indonesia, Tbk KCP Panyabungan

Siregar, Hanifah (2021) Strategi pengembangan Produk Tabungan iB Muamalat Haji dan Umrah PT Bank Muamalat Indonesia, Tbk KCP Panyabungan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1640100172.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB)

Abstract

Masalah dalam Penelitian ini adalah Nasabah PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk, KCP Panyabungan sejak tahun 2011 sampai 2019 mengalami naik turun (Fluktuasi) terkhusus dalam produk tabungan iB Muamalat Haji dan Umrah, sehingga kondisi tersebut memberikan pengaruh terhadap perusahaan. Oleh sebab itu, perlu kajian secara mendalam tentang strategi pengembangan produk guna meningkatkan jumlah nasabah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Strategi Pengembangan Produk Tabungan iB Muamalat Haji dan Umrah PT Bank Muamalat Indonesia, Tbk KCP Panyabungan. Tujuan Penelitian adalah untuk mengetahui Strategi Pengembangan Produk Tabungan iB Muamalat Haji dan Umrah PT Bank Muamalat Indonesia, Tbk KCP Panyabungan. Teori yang dipaparkan dalam penelitian ini adalah teori mengenai strategi, Strategi pengembangan produk adalah suatu usaha yang dilakukan oleh perusahaan melalui perbaikan bentuk, penyederhanaan, penyempurnaan bentuk kembali, menambah desain atau model dengan tujuan untuk meningkatkan kepuasan konsumen atau pelanggan Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Lokasi penelitian pada PT Bank Muamalat Indonesia, Tbk KCP Panyabungan dengan menggunakan data primer yang diperoleh secara langsung dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. DataSekunder yang berasal dari dokumen yang ada seperti kondisi umum tentang PT Bank Muamalat Indonesia, Tbk KCP Panyabungan. Teknik pengolahan data dalam penelitian ini deskriptif kualitatif dengan pengecekan dan keabsahan data dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian ini adalah strategi pengembangan produk Tabungan iB Muamalat Haji dan Umrah PT Bank Muamalat Indonesia, Tbk KCP Panyabungan dengan menggunakan strategi: 1) Pemasaran (Marketing) adalah aktifitas kompleks dalam usaha untuk menyampaikan informasi produk atau layanan jasa, penawaran dan negosiasi, penyaluran produk kepada konsumen melalui promosi dan penjualan. 2) Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) penelitian terhadap produk yang sudah ada untuk dikembangkan lebih lanjut agar mempunyai tingkat kegunaann yang lebih tinggi dan lebih disukai konsumen. 3) Strategi Defensif (Defensif Strategy) Strategi ini dilakukan dengan menciptakan suatu aksi untuk melindungi perusahan terhadap produk baru yang dikeluarkan pesaing yang meraih sukses di pasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. Kamaluddin, M.Ag dan Hamni Fadlilah Nasution, M.Pd
Keywords: Strategi; Pengembangan produk; Haji; Umrah
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 24 Sep 2021 02:07
Last Modified: 25 Oct 2021 03:49
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7034

Actions (login required)

View Item View Item