Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Strategi pemasaran produk arrum haji dalam meningkatkan jumlah nasabah pada PT. Pegadaian Syariah Alaman Bolak Padangsidimpuan

Siregar, Hamida Hapni (2021) Strategi pemasaran produk arrum haji dalam meningkatkan jumlah nasabah pada PT. Pegadaian Syariah Alaman Bolak Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1640100150.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah masih kurang dalam menggunakan produk Pegadaian Syariah. Dilihat dari kenyataannya jumlah nasabah yang menggunakan produk arrum haji pada PT. Pegadaian Syariah Alaman Bolak Padangsidimpuan perkembangannya masih sangat sedikit. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi pemasaran produk arrum haji dalam meningkatkan jumlah nasabah pada pegadaian syariah, dan apa saja kendala yang dihadapi dalam memasarkan produk arrum haji pada pegadaian syariah. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan strategi pemasaran yaitu penetrasi pasar adalah usaha perusahaan untuk meningkatkan jumlah nasabah baik secara kualitas maupun kuantitas pada pasar. Strategi pengembangan produk adalah usaha meningkatkan jumlah nasabah dengan cara mengembangkan produk-produk baru. Strategi pengembangan pasar adalah usaha untuk membawa produk kearah pasar baru dengan mendirikan atau membuka anak cabang perusahaan. Dan bauran pemasaran (marketing mix) adalah perangkat alat pemasaran yang digunakan untuk mengejar tujuan perusahaan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Peneliti langsung melakukan penelitian ke lapangan yaitu dengan melakukan wawancara langsung dengan pihak PT. Pegadaian Syariah Alaman Bolak Padangsidimpuan. Dari hasil penelitian yang dilaksanakan, strategi pemasaran yang dilakukan oleh PT. Pegadaian Syariah Alaman Bolak Padangsidimpuan denganmenggunakan penetrasi pasar, meningkatkan upaya periklanan produk, melakukan promosi penjualan, publitas, dan penambahan karyawan bagian penjualan. Dan pengembangan pasar dengan menambahkan lokasi ataupun kantor cabang didaerah lain sehingga mudah dijangkau. Serta melakukan pelayanan yang baik kepada nasabah. Kendala yang dihadapi dalam memasarkan produk arrum haji ini adalah jaminan emas yang tidak dimiliki oleh calon nasabah, kurangnya pemahaman masyarakat terhadap produk, dan kurangnya minat masyarakat terhadap produk tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Aswadi Lubis, SE., M.Si dan Ja'far Nasution, Lc., M.E.I
Keywords: Strategi pemasaran; Arrum haji; Jumlah nasabah
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012705 al-Rahn (Pergadaian)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 20 Sep 2021 02:51
Last Modified: 25 Oct 2021 03:54
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/7023

Actions (login required)

View Item View Item