Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Implementasi kurikulum 2013 dalam pembelajaran ilmu pengetahuan sosial di Sekolah Dasar (SD) Negeri No. 101025 Mandala Aek Horsik Kecamatan Saipar Dolok Hole Kabupaten Tapanuli Selatan

Pohan, Hannum Haridayanti (2021) Implementasi kurikulum 2013 dalam pembelajaran ilmu pengetahuan sosial di Sekolah Dasar (SD) Negeri No. 101025 Mandala Aek Horsik Kecamatan Saipar Dolok Hole Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1620500036.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah implementasi kurikulum 2013 dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar (SD) Negeri No. 101025 Mandala Aek Horsik Kecamatan Saipar Dolok Hole Kabupaten Tapanuli Selatan yang sudah diterapkan. Namun belum efektif karena guru belum sepenuhnya menguasai kurikulum 2013 ini, salah satu penyebab guru kurang menguasai kurikulum 2013 ini karena kurangnya sosialisasi dari dinas pendidikan dan sarana prasarana yang dibutuhkan guru dalam kegiatan pembelajaran masih perlu dilengkapi seperti infokus agar pembelajaran terlaksana secara maksimal. Rumusan masalah dalam penelitian ini, Bagaimana implementasi kurikulum 2013 dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, Apa saja kendala-kendala yang ditemukan dalam Implementasi Kurikulum 2013 dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, Apa saja upaya yang dilaksanakan dalam menanggulangi masalah implementasi kurikulum 2013 dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi Kurikulum 2013 dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, Untuk mengetahui kendala-kendala (problematika) yang ditemukan dalam implementasi Kurikulum 2013 dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, Untuk mengetahui apa saja upaya yang dilaksanakan dalam menanggulangi masalah implementasi Kurikulum 2013 dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Jenis penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data penelitian dapat diperoleh dari data primer. Untuk menjamin keabsahan data penelitian ini menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi kurikulum 2013 dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar (SD) Negeri No. 101025 Mandala Aek Horsik Kecamatan Saipar Dolok Hole Kabupaten Tapanuli Selatan sudah terlaksana meskipun belum efektif, selain itu faktor-faktor pendukung penerapan kurikulum 2013 sangat sedikit (minim), dan kendala-kendala dalam penerapan kurikulum 2013 masih banyak. hal ini dikarenakan kurangnya sosialisasi dan sarana prasarana yang dibutuhkan guru dalam kegiatan pembelajaran masih perlu dilengkapi seperti infokus agar proses pembelajaran terlaksana secara maksimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Hj. Asfiati, S.Ag., M.Pd dan Syafrilianto, M.Pd
Keywords: Implementasi Kurikulum 2013; Pembelajaran; Ilmu Pengetahuan Sosial
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 14 Sep 2021 02:05
Last Modified: 14 Sep 2021 02:05
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6995

Actions (login required)

View Item View Item