Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Determinan minat masyarakat Kecamatan Batang Toru Menggunakan Produk Cicil Emas di PT. Bank Syariah Mandiri KCP Batang Toru

Sari, Ika Purnama (2021) Determinan minat masyarakat Kecamatan Batang Toru Menggunakan Produk Cicil Emas di PT. Bank Syariah Mandiri KCP Batang Toru. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1640100018.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Kurangnya minat masyarakat Kecamatan Batang Toru menggunakan produk cicil emas. Kenaikan harga emas membuat sebagian masyarakat cenderung ingin memiliki emas. Hal ini menyebabkan minat masyarakat untuk miliki emas juga mengalami kenaikan. Produk cicil emas yang ada di PT. Bank Syariah Mandiri KCP Batang Toru menarik perhatian masyarakat untuk memiliki emas. Namun, yang terjadi pada masyarakat Kecamatan Batang Toru mereka merasa terbebani dengan uang muka yang diberikan pihak bank kepada masyarakat yaitu sebesar 20%, sehinggga masyarakat lebih memilih mencicil emas dengan cara yang muda bersifat konvensional dibandingkan dengan yang bersifat syariah. Meskipun Harga emas yang diberikan pada pihak PT. Bank Syariah Mandiri KCP Batang Toru harga dimana emas dibeli dihari itu juga sama halnya dengan membeli emas secara langsung ke toko emas. Adapun masalah yang diteliti Determinan Minat Masyarakat Kecamatan Batang Toru Menggunakan Produk Cicil Emas di PT. Bank Syariah Mandiri KCP Batang Toru. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah promosi, harga, dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap minat masyarakat Kecamatan Batang Toru menggunakan produk cicil emas di PT. Bank Syariah Mandiri KCP Batang Toru. Minat dapat diartikan sebagai kecenderungan yang tinggi terhadap sesuatu, tertarik, perhatian, gairah dan keinginan. Promosi adalah semua kegiatan yang ditujukan untuk memperkenalkan, membujuk, dan mengingatkan pelanggan pada produk. Harga adalah nilai yang diberikan konsumen terhadap barang atau jasa. Kualitas pelayanan adalah kemampuan pemberi pelayanan dalam melayani pengguna barang atau jasa tersebut. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori promosi, harga, kualitas pelayanan dan minat masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan anilisis uji regresi berganda, teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan jumlah sampel 100 masyarakat Kecamatan Batang Toru. Teknik pengambilan sampel dengan samplinginsidential. Pengolahan data dilakukan dengan spss versi 23. Hasil analisis yang dilakukan peneliti, terdapat pengaruh antara variabel bebas dengan variabel terikat dilihat dari uji (Adjusted R Square). Hasil penelitian secara parsial (uji t) menunjukan bahwa promosi berpengaruh terhadap minat masyarakat Kecamatan Batang Toru menggunakan produk cicil emas di PT. Bank Syariah Mandiri KCP Batang Toru. Harga berpengaruh terhadap minat masyarakat Kecamatan Batang Toru menggunakan produk cicil emas di PT. Bank Syariah Mandiri KCP Batang Toru. Dan Kualitas pelayanan berpengaruh terhadap minat masyarakat Kecamatan Batang Toru menggunakan produk cicil emas di PT. Bank Syariah Mandiri KCP Batang Toru. Dilihat dengan uji F promosi, harga dan kualitas pelayanan berpengaruh secara simultan terhadap minat masyarakat Kecamatan Batang Toru menggunakan produk cicil emas di PT. Bank Syariah Mandiri KCP Batang Toru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. H. Fatahuddin Aziz Siregar, M.Ag. dan Hamni Fadlilah Nasution, M.Pd
Keywords: Harga; Kualitas pelayanan; Minat masyarakat; Promosi
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 08 Sep 2021 07:17
Last Modified: 25 Oct 2021 04:17
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6971

Actions (login required)

View Item View Item