Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh produk, promosi dan pelayanan terhadap minat masyarakat untuk menabung emas pada PT. Pegadaian Syariah Cabang Alaman Bolak Padangsidimpuan

Siregar, Titiek Asyimah (2021) Pengaruh produk, promosi dan pelayanan terhadap minat masyarakat untuk menabung emas pada PT. Pegadaian Syariah Cabang Alaman Bolak Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1440100213.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini di latar belakangi oleh persaingan bisnis Lembaga Keuangan yang semakin ketat. Perusahaan selalu berlomba-lomba untuk memberikan yang terbaik bagi calon nasabah agar menarik minat masyarakat untuk membeli suatu produk. Akan tetapi kondisi jumlah nasabah pengguna tabungan emas masih mengalami fluktuasi setiap tahunnya selama periode 2018-2020.Dimana pada tahun 2018-2019 jumlah nasabah meningkat sebesar 18,42, sedangkan pada tahun 2020 jumlah nasabah pengguna tabungan emas menurun sebesar 13,33 persen. Oleh karena fluktuasi tersebut tentu ada beberapa faktor yang mempengaruhi minat masyarakat untuk menabung emas sehingga jumlah nasabah setiap tahunnya mengalami perubahan tidak cendrung yang berubah-ubah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh produk, promosi dan pelayanan terhadap minat masyarakat untuk menabung pada PT. Peagadaian Syariah Cabang Alaman Bolak Padangsidimpuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh produk, promosi dan pelayanan terhadap minat masyarakat untuk menabung pada PT. Pegadaian Syariah Cabang Alaman Bolak Padangsidimpuan. Pembahasan dalam penelitian ini berkaitan dengan manajemen pemasaran. Sehubungan dengan itu, pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan Minat Masyarakat, Produk, Promosi, dan Pelayanan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 80 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling dan pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket dan wawancara. Analisis dengan menggunakan statistik yaitu SPSS versi 23. Hasil analisis koefesien determinasi (R) nilai Adjusted R square sebesar 0.247 atau 24,7 % menunjukkan variabel produk, promosi dan pelayanan mempengaruhi minat masyarakat dan sisanya 75,3% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar penelitian yang dilakukan oleh peneliti. Berdasarkan hasil penelitian ini terdapat pengaruh produk terhadap minat masyarakat dengan nilai thitung > ttabel (3,643 > 1,664). Variabel promosi terdapat pengaruh terhadap minat masayarakat dengan nilai (2.564 > 1,664). Variabel pelayanan terdapat pengaruh terhadap minat masyarakat dengan nilai (2,237 > 1,664). Berdasarkan hasil uji secara simultan bahwa produk, promosi, dan pelayanan secara bersama-sama terdapat pengaruh terhadap minat masyarakat dengan hasil nilai Fhitung > Ftabel (8,312 >2,37).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Muhammad Isa, ST, MM dan Rini Hayati Lubis, MP
Keywords: Produk; Promosi pelayanan; Minat masyarakat
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 02 Sep 2021 01:17
Last Modified: 25 Oct 2021 04:41
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6932

Actions (login required)

View Item View Item