Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya guru ilmu pengetahuan sosial dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa di Sekolah Dasar Negeri No. 101490 Padang Bujur Kecamatan Padang Bolak Julu Kabupaten Padang Lawas Utara

Simamora, Indah Harsima (2021) Upaya guru ilmu pengetahuan sosial dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa di Sekolah Dasar Negeri No. 101490 Padang Bujur Kecamatan Padang Bolak Julu Kabupaten Padang Lawas Utara. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1620500073.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Adapun latar belakang masalah penelitian ini bahwa keaktifan belajar belajar siswa dalam pelajaran IPS kurang bagus diakibatkan dengan upaya yang digunakan guru terlalu monoton tidak ada variasinya sehingga siswa merasa jenuh atau bosan dan kurang meminati pelajaran IPS tersebut. Adapun yang menimbulkan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana keaktifan belajar siswa di SDN 101490 Padang Bujur Kecamatan Padang Bolak Julu Kabupaten Padang Lawas Utara, dan apa yang menjadi hambatan guru dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa di SDN 101490 Padang Bujur Kecamatan Padang Bolak Julu Kabupaten Padang Lawas Utara. Untuk mengetahui hasil penelitian ini, peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif yang artinya menggambarkan keadaan yang ditemui di lokasi penelitian yang terdiri dari fakta-fakta , kejadian dan menggambarkan objek yang diteliti secara sistematis. Data penelitian diperoleh melalui wawancara dan observasi. Kemudian data-data tersebut dianalisa dengan menggunakan logika dan berfikir ilmiah. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa guru Ilmu Pengetahuan Sosial menggunakan upaya untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar. Adapun upaya yang digunakan guru dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa sebagai berikut: diskusi kelompok, saling lempar pertanyaan, pemberian tugas, demonstrasi. Kemudian upaya yang digunakan guru Ilmu Pengetahuan Sosial tersebut berjalan dengan lancar serta objektif atau apa adanya. Adapun faktor pendukung yang dilakukan guru Ilmu Pengetahuan Sosial dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa diantaranya menyediakan buku IPS di Perpustakaan serta guru memberikan motivasi untuk lebih giat belajar, dan adapun hambatan diantaranya siswa bermalas-malasan untuk belajar ke perpustakaan yang telah disediakan oleh sekolah tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dra. Asnah, MA dan Akhiril Pane, S.Ag., M.Pd.
Keywords: Upaya guru; Meningkatkan; Keaktifan belajar; IPS
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 15 Aug 2021 04:18
Last Modified: 26 Oct 2021 01:44
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6840

Actions (login required)

View Item View Item