Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Faktor-faktor yang mempengaruhi minat anggota tabungan mudharabah di BMT Insani Padangsidimpuan.

Ningsih, Puspita Surya (2016) Faktor-faktor yang mempengaruhi minat anggota tabungan mudharabah di BMT Insani Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
11 220 0074.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Sesuai dengan judul “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Anggota Tabungan Mudharabah di BMT Insani Padangsidimpuan” latar belakang penelitian ini ialah terjadinya fluktuasi data anggota dari tahun 2011 sampai dengan tahun 2014. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, yang diantaranya mungkin adalah faktor promosi dan faktor pelayanan. Promosi dan pelayanan di BMT Insani Padangsidimpuan belum bisa dikatakan optimal disebabkan kurangnya kesadaran pegawai dalam mempromosikan produk-produknya, dan juga adanya anggota yang komplain dengan pelayanan yang diberikan oleh pihak BMT Insani Padangsidimpuan meliputi kurang luasnya lokasi antrian, berkurangnya kecepatan, ketepatan maupun kesigapan pegawai dalam melayani, dan jam pelayanan yang cukup singkat. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu perbankan dan pemasaran bank. Sehubungan dengan hal itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan promosi, pelayanan, tabungan mudharabah dan minat anggota. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara pengisian angket, observasi, wawancara. Alat analisis yang digunakan adalah uji validitas dan reabilitas, uji asumsi klasik, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, koefisien determinasi, uji hipotesis, uji F, dan uji regresi berganda akan menggunakan alat bantu SPSS 22,0 for windows. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diperoleh hasil sebagai berikut: promosi (X1) tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat anggota pada BMT Insani Padangsidimpuan, terlihat thitung (0,239) < ttabel (1,986). Pelayanan (X2) berpengaruh terhadap minat anggota pada BMT Insani Padangsidimpuan terlihat thitung (10,623) > ttabel (1,986). Variabel promosi (X1) dan variabel pelayanan (X2) secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat anggota terlihat Fhitung (60,984) > Ftabel (3,946). Koefisien determinasi (R2) sebesar 0,575 yang berarti minat anggota mampu dijelaskan oleh variabel promosi dan variabel pelayanan sebesar 57,5% dan sisanya 42,5% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini. Data dalam penelitian ini berdistribusi normal dan tidak terjadi multikolinearitas dan heteroskedatisitas. Tabungan Mudharabah ; Faktor Promosi Dan Faktor Pelayanan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Rosnani Siregar, M.Ag dan Nofinawati, SEI., M.A
Keywords: Paktor Promosi dan Faktor Pelayanan, Tabungan Mudharabah
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150203 Financial Institutions (incl. Banking)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Mr. Muhammad Ihsan Ritonga
Date Deposited: 17 Apr 2020 14:00
Last Modified: 19 Jul 2021 05:28
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/684

Actions (login required)

View Item View Item