Siregar, Saprina (2021) Pengaruh pengetahuan tentang riba dan promosi terhadap minat pengurus badan kenaziran masjid menggunakan jasa bank syariah di Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1640100220.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Pengetahuan pengurus badan kenaziran masjid tentang bank syariah masih sedikit, dikarenakan pengurus badan kenaziran masjid belum sepenuhnya menggunakan produk Bank Syariah dalam segi transaksi dan pembiayaan mereka. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh pengetahuan tentang riba dan promosi terhadap minat pengurus badan kenaziran masjid menggunakan jasa bank syariah di Kota Padangsidimpuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengetahuan tentang riba dan promosi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat badan kenaziran masjid menggunakan jasa bank syariah di Kota Padangsidimpuan. Pembahasan penelitian ini adalah berkaitan dengan pengetahuan tentang riba dan promosi terhadap minat pengurus Badan Kenaziran Masjid menggunakan jasa bank syariah di kota Padangsidimpuan. Sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan pengetahuan tentang riba dan promosi terhadap minat pengurus Badan Kenaziran Masjid yaitu membahas tentang pengertian pengetahuan, jenis pengetahuan, sumber pengetahuan, pengertian riba, jenis-jenis riba, pengertian promosi, jenis-jenis promosi, pengertian minat, jenis-jenis minat, pengertian Badan Kenaziran Masjid dan fungsi dan peran masjid. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Tehnik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan sampel 102 nasabah dengan tehnik pengambilan sampel adalah Sampling Jenuh. Pengolahan data dengan menggunakan SPSS versi 23. Hasil penelitian menunjukkan secara parsial pengetahuan tentang riba mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat pengurus Badan Kenaziran Masjid menggunakan jasa bank syariah, dan secara parsial tidak ada pengaruh promosi terhadap minat pengurus Badan Kenaziran Masjid menggunakan jasa bank syariah. Berdasarkan hasil uji secara simultan bahwa pengetahuan tentang riba dan promosi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat pengurus Badan Kenaziran Masjid menggunakan jasa bank syariah. Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi dapat diketahui bahwa 11,0% variabel pengetahuan tentang riba dan promosi mampu mempengaruhi minat pengurus Badan Kenaziran Masjid menggunakan jasa bank syariah dan 89,0% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Muhammad Isa, ST, MM dan Sry Lestari, M.E.I |
Keywords: | Minat; Pengetahuan; Promosi |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040304 Fiqh, Ushul Fiqh, Islamic Jurisprudence, and related science 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 14 Aug 2021 14:53 |
Last Modified: | 14 Aug 2021 14:53 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6836 |
Actions (login required)
View Item |