Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya guru dalam meningkatkan minat belajar pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial (IPS) materi budaya Indonesia menggunakan model problem based learning (PBL) di kelas V Sekolah Dasar (SD) Negeri 101027 Somba Debata Kabupaten Tapanuli Selatan

Armitha, Risca (2021) Upaya guru dalam meningkatkan minat belajar pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial (IPS) materi budaya Indonesia menggunakan model problem based learning (PBL) di kelas V Sekolah Dasar (SD) Negeri 101027 Somba Debata Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1620500018.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian adalah siswa kelas V Sekolah Dasar (SD) Negeri 101027 Somba Debata masih kurang berminat dalam belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Materi Budaya Indonesia yaitu siswa mudah bosan dengan cara guru mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) menyampaikan materi yang hanya menggunakan model konvensional saja. Banyak siswa yang bermain-main pada saat pelajaran berlangsung, mengantuk, bahkan mengganggu temannya sendiri. 12 siswa yang ada di dalam ruangan hanya 6 orang yang tergolong mendengarkan guru dengan baik. Rumusan masalah penelitian ini adalah Apakah dengan menerapkan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Materi Budaya Indonesia? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat belajar siswa kelas V Sekolah Dasar (SD) Negeri 101027 Somba Debata Kabupaten Tapanuli Selatan. Apabila seseorang telah memiliki keinginan yang besar terhadap suatu hal maka apapun akan dilakukannya. Minat belajar cenderung menghasilkan prestasi yang tinggi, sebaliknya minat belajar yang kurang akan menghasilkan prestasi belajar yang rendah. Materi Budaya Indonesia pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan materi yang diajarkan di kelas V Sekolah Dasar (SD) dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Minat belajar siswa terhadap Materi Budaya Indonesia dapat meningkat pada penelitian ini dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan/tindakan, pengamatan, dan refleksi. Sebagai subjek adalah siswa kelas V Sekolah Dasar (SD) Negeri Somba Debata yang berjumlah 12 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan observasi siswa dan guru. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa dengan adanya Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menjadikan minat siswa dalam proses pembelajaran semakin meningkat pada setiap siklus yaitu pada siklus I dengan persentase 66.6% dengan 6 orang siswa yang memiliki minat dalam proses pembelajaran sedangkan pada siklus II dengan persentase 83.3% dengan 12 orang siswa yang memiliki minat dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. H. Syafnan, M.Pd. dan Hj. Asfiati, S.Ag., M.Pd
Keywords: Model Problem Based Learning; PBL; Minat Belajar Siswa; IPS
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 04 Aug 2021 00:56
Last Modified: 04 Aug 2021 00:56
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6809

Actions (login required)

View Item View Item