Wati, Risma (2021) Strategi guru dalam pembinaan karakter siswa di Pondok Pesantren Ittihadul Mukhlisin Kecamatan Angkola Muaratais. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1620100037.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Latar belakang dalam penelitian ini adalah berawal dari semakin banyaknya siswa yang tidak berkarakter. Krisis karakter sudah menjadi hal yang biasa dan mudah dijumpai pada kalangan siswa. Maka muncul rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: Bagaimana karakter siswa, bagaimana strategi guru dalam pembinaan karakter siswa, Apa kendala yang dihadapi guru dalam pembinaan karakter siswa. Berdasarkan rumusan masalah di atas maka tujuan penelitian adalah: Untuk menggambarkan karakter siswa, untuk menggambarkan strategi guru dalam pembinaan karakter sisiwa, untuk menemukan kendala yang dihadapi guru dalam pembinaan karakter siswa. Pembahasaan peneliti ini berkaitan dengan strategi guru dalam pembiaan karakter siswa di Pondok Pesantren Ithadul Mukhlisin Kecamatan Angkola Muaratais, sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan pendidikan karakter baik dari aspek pembelajaran maupun strategi dalam pembinaan karakter. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah peneliti ini adalah penelitian kualitatif yaitu penelitian yang dilakukan dengan mengamati fenomena�fenomena dan menganalisisnya dengan menggunakan logika ilmiah, dan menggunakan metode deksripsi. Instrument yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data yang di ambil adalah guru dan sisiwa Hasil peneliti ini adalah 1) karakter siswa di Pondok Pesantren Ittihadul Mukhlisin Kecamatan Angkola memiliki tiga tampilan karakter yang tampak pada keseharian siswa. Yaitu (a). Karakter siswa yang menampilkan tentang pemahaman agama, siswa yang menampilkan tentang pemahaman agama, siswa tidak mengindahkan tata karma dan sopan santun, (b). Karakter siswa yang berhungan dengan kepribadiaannya sendiri. Siswa tidak jujur dan menampilkan sikap bertanggung jawab, siswa sering ketahuan mencontek pada saat ujian, (c). karakter siswa yang menampilkan berhubungan dengan lingkungan, yaitu siswa belum sadar akan keberhasilan lingkungan sekolah. 2) Strategi Guru dalam Pembinaan Karakter Siswa di Pondok Pesantren Ittihadul Mukhlisin Kecamatan Angkola Muaratais yaitu sebagai berikut : (a) Pembinaan Karakter Siswa melalui kegiatan pembelajaran. Kegiatan rutin, Kegiatan intensif belajar mengajar, Keteladanaan, Teguran, Ganjaran, Hukuman, Kegiatan spontan, Pengkondisian lingkungan. (b) Pembinaan Karakter Siswa melalui kegiatan ekstrakuler. Keagamaan, Kesiswaan dan Olahraga. 3) Kendalan yang dihadapi guru dalam pembinaan karakter siswa. (a) kurangnya minat dan motivasi belajar siswa, (b) siswa tidak konsentrasi dalam belajar, (c)materi pelajaran yang dianggap sulit, (d) tidak terjalinnya hubungan yang harmonis antara guru dan siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Lelya Hilda, M.Si. dan Muhammad Yusuf Pulungan, S.Ag., M.A |
Keywords: | Pembinaan Karakter; Strategi Guru |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school) 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 08 Jul 2021 06:58 |
Last Modified: | 08 Jul 2021 06:58 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6750 |
Actions (login required)
View Item |