Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Strategi pemasaran produk gadai emas pada PT. Pegadaian (Persero) Cabang Syariah Alaman Bolak Padangsidimpuan

Nasution, Hotma Anni (2021) Strategi pemasaran produk gadai emas pada PT. Pegadaian (Persero) Cabang Syariah Alaman Bolak Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1640100191.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Pengetahuan masyarakat tentang keberadaan pegadaian syariah masih sedikit dikarenakan pegadaian syariah masih terbilang baru, akan tetapi perkembangan dan pertumbuhan pegadaian syariah menunjukkan peningkatan yang cepat. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi dan mekanisme produk gadai emas pada PT. Pegadaian (Persero) Cabang Syariah Alaman Bolak Padangsidimpuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran produk gadai emas pada Pegadaian (Persero) Cabang Syariah Alaman Bolak Padangsidimpuan dan untuk mengetahui mekanisme produk gadai emas pada PT. Pegadaian (Persero) Cabang Syariah Alaman Bolak Padangsidimpuan. Pembahasan penelitian ini adalah berkaitan dengan atrategi pemasaran produk gadai emas pada PT. Pegadaian (Persero) Cabang Syariah Alaman Bolak Padangsidimpuan, sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan strategi pemasaran produk gadai emas yaitu membahas tentang pengertian strategi, pengertian pemasaran, pengertian strategi pemasaran, bauran pemasaran (marketing mix), pengertian gadai (ar-rahn), dasar hukum gadai, rukun dan syarat gadai, barang jaminan, prinsip gadai emas syariah dan hak dan kewajiban para pihak gadai syariah. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah dengan menggunakan wawancara dengan karyawan dan nasabah PT. Pegadaian (Persero) Cabang Syariah Alaman Bolak Padangsidimpuan, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang digunakan PT. Pegadaian (Persero) Cabang Syariah Alaman Bolak Padangsidimpuan adalah bauran pemasaran (marketing mix) yaitu dengan 4P (product, price, place, dan promotion). Adapun Mekanisme produk gadai yang ditetapkan PT. Pegadaian (Persero) Cabang Syariah Alaman Bolak Padangsidimpuan sangat mudah yaitu hanya dengan membawa KTP, mengisi formulir pinjaman dan menyerahkan barang jaminan kepada penaksir.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Delima Sari Lubis, MA dan Nurul Izzah, M.Si
Keywords: Gadai Emas; Pemasaran; strategi
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 22 Jun 2021 04:39
Last Modified: 22 Jun 2021 04:39
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6708

Actions (login required)

View Item View Item