Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh customer relationship marketing terhadap loyalitas nasabah pada PT. Bank Syariah Indonesia Kcp Gunung Tua

Rosliana, Rosliana (2021) Pengaruh customer relationship marketing terhadap loyalitas nasabah pada PT. Bank Syariah Indonesia Kcp Gunung Tua. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1640100040.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Customer Relationship Marketing diartikan sebagai menarik, memelihara dan meningkatkan hubungan dengan nasabah untuk menciptakan loyalitas nasabah. Namun pada kenyataannya walaupun pelayanaan bank sudah cukup baik belum tentu loyalitas nasabah tercapai. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah ada pengaruh komunikasi, komitmen, dan kepercayaan terhadap loyalitas nasabah baik secara parsial maupun simultan. Teori penelitian ini meliputi pengertian Customer Relationship Marketing (komunikasi, komitmen, dan kepercayaan) serta loyalitas nasabah. Teori penelitian ini juga mencakup tentang hubungan antara Customer Relationship Marketing dengan loyalitas nasabah serta loyalitas nasabah dalam persfektif Islam. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, sumber data yang digunakan adalah data primer. Teknik pengumpulan data yang digunakan menggunakan angket dengan jumlah sampel 100 nasabah. Teknik analisis data yang digunakan adalah cross sectional yaitu data yang berfokus beberapa variabel pada titik waktu yang sama. Pengolahan data menggunakan aplikasi SPSS 23. Teknik analisis yang digunakan adalah uji validitas, uji realibilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji koefisien determinasi dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil Uji-t bahwa variabel kepercayaan mempunyai pengaruh secara parsial terhadap loyalitas nasabah. Sedangkan variabel komunikasi dan komitmen tidak mempunyai pengaruh secara parsial terhadap loyalitas nasabah. Berdasarkan Uji-F dapat diketahui secara simultan variabel komunikasi, komitmen dan kepercayaan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas nasabah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Muhammad Isa, ST, MM dan Azwar Hamid, M.A.
Keywords: Customer Relationship Marketing; Komunikasi; Komitmen; Kepercayaan; Loyalitas Nasabah
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 16 Jun 2021 07:06
Last Modified: 16 Jun 2021 07:06
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6689

Actions (login required)

View Item View Item