Rinaldi, Ahmad (2021) Pengaruh brand awareness dan brand image terhadap minat nazir masjid memilih bank syariah. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1640100034.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Latar belakang dalam penelitian ini yaitu masih sedikit nazir masjid yang sadar akan keberadaan perbankan syariah, bahkan masih ada masjid yang tidak memakai bank syariah sebagai media penyimpanan dana atau kas masjid dan dapat disimpulkan bahwa nazir masjid di Panyabungan masih minim informasi tentang bank syariah serta kurangnya kesadaran nazir masjid di Panyabungan terhadap bank syariah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh brand awareness terhadap minat nazir masjid di Panyabungan memilih bank syariah, apakah ada pengaruh brand image terhadap minat nazir masjid di Panyabungan memilih bank syariah, apakah ada pengaruh brand awareness dan brand image secara simultan terhadap minat nazir masjid di Panyabungan memilih bank syariah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh brand awareness terhadap minat nazir masjid di Panyabungan memilih bank syariah, untuk mengetahui pengaruh brand image terhadap minat nazir masjid di Panyabungan memilih bank syariah, untuk mengetahui pengaruh brand awareness dan brand image secara simultan terhadap minat nazir masjid di Panyabungan memilih bank syariah. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori yang membahas dalam bidang manajemen bisnis syariah, yaitu tentang brand awareness, brand image, dan minat memilih. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesoner dengan sampel 87 responden dengan tehnik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Pengolahan data menggunakan SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan secara parsial brand awareness mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat nazir masjid memilih bank syariah dengan nilai Signifikansi < 0,05. Brand image mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat nazir masjid memilih bank syariah dengan nilai Signifikansi < 0,05. Berdasarkan hasil uji secara simultan bahwa brand awareness dan brand image mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat nazir masjid dalam memilih bank syariah dengan nilai Signifikansi < 0,05. Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi dapat diketahui bahwa 56,4% variabel brand awareness dan brand image mampu mem pengaruhi minat nazir masjid dalam memilih bank syariah dan 43,6% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Muhammad Isa, ST, MM dan Zulaika Matondang, S.Pd., M. Si |
Keywords: | Minat Memilih; Brand Awareness; Brand Image |
Subjects: | 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 04 Jun 2021 02:22 |
Last Modified: | 04 Jun 2021 02:22 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6652 |
Actions (login required)
View Item |