Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya meningkatkan hasil belajar siswa melalui penggunaan media poster pada materi daur hidup hewan di SDN 200114 Kantin Padangsidimpuan Utara

Amalia, Lia (2021) Upaya meningkatkan hasil belajar siswa melalui penggunaan media poster pada materi daur hidup hewan di SDN 200114 Kantin Padangsidimpuan Utara. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1620500049.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan rendahnya hasil belajar siswa kelas IV di SDN 200114 Kantin adangsidimpuan Utara karena kurang menariknya proses pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi awal dan wawancara guru menggunakan buku sebagai media pembelajaran menyebabkan efek negatif kepada siswa seperti kurang tertariknya siswa mendengarkan pelajaran yang disampaikan, bermain sendiri hingga siswa mengobrol dan bercanda dengan teman satu mejanya. Adapun solusi yang diberikan dengan penggunaan media poster. Penggunaan media poster ini diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada materi daur hidup hewan sesuai dengan KKM di SDN 200114 Padangsidimpuan Utara. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dengan penggunaan media poster dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 200114 Kantin Padangsidimpuan Utara. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari pra siklus, siklus I terdiri dari dua kali pertemuan, sedangkan siklus II terdiri dari sekali pertemuan. Subjek penelitian berjumlah 29 siswa kelas IV SDN 200114 Kantin Padangsidimpuan Utara. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dan tes. Peningkatan dilihat dari tes dan observasi yang diberikan peneliti. Adapun data tes hasil belajar kognitifnya dilihat dari nilai rata rata hasil belajar siswa pada setiap siklus sebagai berikut: pra siklus sebesar 57, 9, siklus I pertemuan I sebesar 65, 1, siklus I pertemuan II sebesar 77, 2, siklus II 84, 82. Dan Persentase siswa pada setiap siklus, pra siklus sebesar 24, 13 %, siklus I pertemuan I sebesar 31, 03 %, siklus I pertemuan II sebesar 62, 06 %, dan siklus II sebesar 89, 65 %. Hasil observasi tanggapan siswa menggunakan kategori amat baik, baik, sukup, kurang dan sangat kurang. Pada siklus I pertemuan I persentase tanggapan siswa pada kategori sangat kurang sebesar 96, 55 %, dan kategori amat baik sebanyak 3,44 %. Pada siklus I pertemuan II kategori amat baik sebanyak 17, 24 %, kategori cukup sebanyak 51, 72 %, dan kategori kurang sebanyak 20, 68 %. Di siklus II, kategori amat baik sebanyak 58, 52 %, kategori cukup sebanyak 6, 89 %, dan kategori kurang sebanyak 34, 48 %. Dilihat dari hasil tindakan dari siklus I pertemuan I, siklus I pertemuan II, sampai siklus II terdapat peningkatan jumlah nilai rata- rata dan persentase siswa dan tanggapan siswa pada materi daur hidup hewan yang menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa materi daur hidup hewan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Lelya Hilda, M.Si. dan Syafrilianto, M.Pd
Keywords: Hasil Belajar Kognitif; Media Poster; Daur Hidup Hewan
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130299 Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 27 May 2021 04:34
Last Modified: 27 May 2021 04:34
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6628

Actions (login required)

View Item View Item