Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh keterampilan menjelaskan dan mengadakan variasi pembelajaran guru matematika terhadap minat belajar siswa kelas XII MAN 1 Mandailing Natal

Annisa, Ida (2021) Pengaruh keterampilan menjelaskan dan mengadakan variasi pembelajaran guru matematika terhadap minat belajar siswa kelas XII MAN 1 Mandailing Natal. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1620200095.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Minat siswa tentang keterampilan guru dalam menjelaskan dan mengadakan variasi pembelajaran berbeda-beda, ada yang berpendapat baik ada pula yang berpendapat tidak baik. Hal ini berdasarkan keterampilan guru dalam menjelaskan dan mengadakan variasi pembelajaran yang dilihat dari segi indikator-indikator Dimana siswa lebih cenderung bermalas�malasan dan kurang tertarik untuk mempelajari pelajaran Matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signitifikansi keterampilan dalam menjelaskan terhadap minat belajar, dan mengadakan variasia pembelajaran terhadap minat belajar, dan antara keterampilan menjelaskan dan mengadakan variasi pembelajaran guru matematika terhadap minat belajar siswa kelas XII MAN 1 Mandailing Natal. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode Ex Post Facto, dengan jumlah populasi sebanyak 60 dan sampel sebanyak 60. Instrumen dalam penelitian ini adalah angket. Analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif, korelasi product moment, koefisien determinasi, dan regresi linear sederhana.Berdasarkan hasil uji validitas dan reliabilitas dengan rtabel =0,444, diperoleh 21 item pernyataan yang valid dari 26 pernyataan keterampilan menjelaskan, keterampilan mengadakan variasi pembelajaran dan minat belajar. Hasil penelitian (1) keterampilan guru dalam menjelaskan terdapat pengaruh yang signitifikan terhadap minat belajar matematika siswa (2)keterampilan mengadakan variasi pembelajaran terdapat pengaruh yang signitifikan terhadap minat belajar matematika siswa (3) keterampilan menjelaskan dan mengadakan variasi pembelajaran ada pengaruh yang signitifikan terhadap minat belajar matematika siswa kelas XII MAN 1 Mandailing Natal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Almira Amir, M.Si dan Dr. Erawadi, M.Ag.
Keywords: Keterampilan Menjelaskan; Keterampilan Mengadakan Variasi Pembelajaran; Minat Belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 05 May 2021 01:55
Last Modified: 05 May 2021 01:55
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6618

Actions (login required)

View Item View Item