Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial di kelas IV SD Negeri 200101 Padangsidimpuan

Pasaribu, Epa Serimahyuni (2021) Upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial di kelas IV SD Negeri 200101 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1620500011.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Belajar merupakan kegiatan yang berproses untuk mencapai tujuan. Ini berarti bahwa berhasil atau gagalnya pencapaian tujuan pendidikan itu amat bergantung pada proses belajar yang dialami siswa, baik ketika ia berada di dalam sekolah maupun di lingkungan rumah atau keluarga sendiri. Sedangkan yang namanya kesulitan belajar itu merupakan kondisi proses belajar yang ditandai oleh hambatan-hambatan tertentu untuk mencapai kesuksesan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja kesulitan belajar siswa dan mengetahui upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial yang meliputi masalah-masalah yang dihadapi siswa. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan studi dokumentasi pada seluruh siswa kelas IV yang mengalami kesulitan belajar. Sumber data yang dibutuhkan diperolah dari informan utama dan informan sekunder. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah klasifikasi data, deskriptif data, penarikan kesimpulan. Teknik uji keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi. Setelah dilakukan penelitian, maka disimpulkan bahwa ada beberapa siswa yang mengalami kesulitan belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SD Negeri 200101 Padangsidimpuan. Kesulitan belajar siswa dari aspek internal yaitu perhatian siswa dalam belajar, konsentrasi belajar siswa, pemahaman siswa yang kurang, minat siswa yang kurang, kurang motivasi dan Tingkat intensitas belajar siswa yang berbeda. Sedangkan eksternal yaitu kurang perhatian orangtua, teman-teman yang kurang mendukung siswa, dan terpengaruh oleh lingkungan. Adapun upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa yaitu meningkatkan motivasi belajar siswa, pemberian remedial, memaksimalkan media pembelajaran, mengembangkan sikap dan kebiasaan belajar yang baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. H. Agus Salim Daulay, M.Ag. dan H. Nurfin Sihotang, MA., Ph.D
Keywords: Upaya Guru; Mengatasi Kesulitan Belajar; Ilmu Pengetahuan Sosial
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 23 Apr 2021 03:33
Last Modified: 23 Apr 2021 03:33
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6575

Actions (login required)

View Item View Item