Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peran customer service dalam meningkatkan loyalitas nasabah pada PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk KCP Panyabungan

Siregar, Mila Ropah (2021) Peran customer service dalam meningkatkan loyalitas nasabah pada PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk KCP Panyabungan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1640100117.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

customer service Bank Muamalat Indonesia Tbk KCPPanyabungan itu dalam melayani nasabah sangat lambat dan proseskerjanya juga memakan waktu yang lama hingga membuat nasabah menunggu lama, maka dari itulah nasabah merasa tidak puas dengan pelayanan yang diberikan. Rumusan masalah yaitu bagaimana peran customer service dalam meningkatkan loyalitas nasabah pada PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk KCP Panyabungan. Tujuan Penelitian adalah untuk mengetahui peran customer service dalam meningkatkan loyalitas nasabah pada PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk KCP Panyabungan. Customer service berfungsi untuk memberikan jasa layanan kepada nasabah dalam hal memberikan informasi, menampung keluhan nasabah, cross selling, dan membantu nasabah untuk menyelesaikan masalah yang timbul. Seorang customer service harus memberikan pelayanan yang baik kepada nasabahnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian yang dilaksanakan dengan metode kualitatif. Alat pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini langsung terjun ke lapangan wawancara langsung pada pihak PT Bank Muamalat Indonesia Tbk KCP Panyabungan dan nasabahnya. Dari segi pelayanan peran customer service PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk KCP Panyabungan itu sangat penting karena nasabah sangat mengharapkan informasi-informasi yang jelas, customer service harus bisa mengetahui produk�produk yang ada di bank tersebut. customer service harus mempunyai bahasa yang komunikatif dalam menyampaikan informasi kepada nasabah. Dalam hal kepribadian seorang customer service sangat penting mempunyai sikap sopan, ramah, baik, dan sabar dalam melayani nasabah. Nasabah akan merasa puas dengan pelayanan yang diberikan customer service jika customer service melayaninya dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Muhammad Isa, ST, MM dan Ja'far Nasution LC., M.E.I
Keywords: Customer Service; Loyalitas Nasabah
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 15 Mar 2021 02:30
Last Modified: 15 Mar 2021 02:30
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6534

Actions (login required)

View Item View Item