Rambe, Mei Rahayu (2020) Pengetahuan dan persepsi nasabah terhadap aplikasi pegadaian syariah digital (studi kasus nasabah PT. Pegadaian Syariah Cabang Alaman Bolak Padangsidimpuan). Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1640100103.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Nasabah PT. Pegadaian Syariah Cabang Alaman Bolak mayoritas sudah menggunakan handphone android. Namun sebagian nasabah belum mengetahui tentang produk aplikasi pegadaian syariah digital yang ada pada PT. Pegadaian Syariah Cabang Alaman Bolak. Permasalahan dalam penelitian ini bahwa pada umumnya nasabah sudah mempunyai handphone android tetapi masih banyak nasabah yang belum menggunakan produk aplikasi pegadaian syariah digital, hanya sebagian nasabah PT. Pegadaian Syariah Cabang Alaman Bolak yang menggunakan produk aplikasi pegadaian syariah digital tersebut. Rumusan Masalah dalam penelitian ini ialah bagaimana tingkat pengetahuan nasabah terhadap aplikasi pegadaian syariah digital di PT. Pegadaian Syariah Cabang Alaman Bolak, dan bagaimana persepsi nasabah terhadap aplikasi pegadaian syariah digital di PT. Pegadaian Syariah Cabang Alaman Bolak. Sedangkan tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui tingkat pengetahuan nasabah terhadap aplikasi pegadaian syariah digitial di PT. Pegadaian Syariah Cabang Alaman Bolak, dan untuk mengetahui Persepsi nasabah terhadap aplikasi pegadaian syariah digital di PT. Pegadaian Syariah Cabang Alaman Bolak. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu perbankan syariah. Pegadaian syariah adalah lembaga keuangan syariah yang menawarkan produk andalannya yaitu rahn, yang dimana rahn ini merupakan produk utama yang diunggulkan oleh nasabah yang membutukan dana dengan cepat berdasarkan prinsip syariah. Begitu juga terhadap produk aplikasi pegadaian syariah digital ialah untuk memudahkan nasabah dalam melakukan transaksi ke pegadaian syariah tanpa harus mengunjungi kantor pegadaian syariah.Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Jenis data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan klasifikasi data, redukasi data, editing data, deskripsi data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi, dan pemeriksaan sejawat melalui diskusi. Dengan jumlah responden 23 orang. Berdasarkan hasil penelitian ini bahwa. Tingkat pengetahuan nasabah terhadap aplikasi pegadaian syariah digital di PT. Pegadaian Syariah Cabang Alaman Bolak belum banyak yang sudah mengetahui dan menggunakan aplikasi pegadaian syariah digital ini, nasabah masih banyak yang tidak tau sama sekali, hal tersebut dikarenakan kurangnya sosialisai yang dilakukan PT. Pegadaian Syariah Cabang Alaman Bolak, sehingga nasabah belum mengetahui aplikasi pegadaian syariah digital ini. Persepsi nasabah terhadap aplikasi pegadaian syariah digital pada PT. Pegadaian Syariah Cabang Alaman Bolak ialah sangat membantu bagi nasabah jika nasabah sudah mengetahui dan menggunakannya nasabah tidak perlu lagi datang ke pegadaian untuk melakukan transaksi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Drs. Kamaluddin, M.Ag dan Arti Damisa, SHI., M.E.I |
Keywords: | Pegadaian Syariah; Nasabah; Produk; Aplikasi Pegadaian Syariah Digital |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150307 Innovation and Technology Management 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012705 al-Rahn (Pergadaian) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 15 Mar 2021 01:45 |
Last Modified: | 15 Mar 2021 01:45 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6531 |
Actions (login required)
View Item |