Harahap, Rika Mustika (2021) Determinan keputusan nasabah memilih arrum haji pada PT. Pegadaian Cabang Syariah Alaman Bolak. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1640100079.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Produk pembiayaan haji yang ditawarkan oleh pegadaian syariah bernama produk Arrum Haji. Produk Arrum Haji juga tersedia di PT. Pegadaian Cabang Syariah Alaman Bolak. Akan tetapi diketahui bahwa nasabah Arrum Haji pada PT. Pegadaian Cabang Syariah Alaman Bolak belum sesuai harapan karena di setiap tahunnya masih mengalami naik turun dan tidak bisa di prediksi, hal itulah yang melatarbelakangi penelitian ini. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh lokasi, promosi, dan pelayananterhadap keputusan nasabah memilih Arrum Haji. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah lokasi, promosi, dan pelayanan mempunyai pengaruh terhadap keputusan nasabah memilih Arrum Haji. Pembahasan dalam penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu lembaga keuangan syariah non bank dan keputusan. Sehubungan dengan itu, pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan keputusan nasabah, lokasi, promosi, dan pelayanan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 53 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh dan pengumpulan data yang digunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linieritas, uji asumsi klasik (uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas), uji hipotersis (uji koefisien determinasi (R2), uji t, uji F, analisis regresi berganda. Analisis pengelolaan data dengan menggunakan statistik yaitu SPSS versi 23. Hasil uji koefisien determinasi nilai R2 (Adjusted R Square) sebesar 0,417. Menunjukkan bahwa 41,7% variabel lokasi, promosi, dan pelayanan mempengaruhi keputusan nasabah memiliharrum haji sedangkan sisanya sebesar 58,3% dipengaruhi atau di jelaskan oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil uji secara parsial(uji t) variabel lokasi memiliki pengaruh terhadap keputusan nasabah memilih arrum haji, variabel promosi tidak memiliki pengaruh terhadap keputusan nasabah memilih arrum haji, variabel pelayanan tidak memiliki pengaruh terhadap keputusan nasabah memilih arrum haji. Berdasarkan hasil uji secara simultan (uji f) bahwa variabel lokasi, promosi, dan pelayanan mempunyai pengaruh terhadap keputusan nasabah memilih arrum haji.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Arbanur Rasyid, M.A. dan Adanan Murroh Nasution, M.A |
Keywords: | Lokasi; Promosi; Pelayanan; Keputusan Nasabah |
Subjects: | 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012705 al-Rahn (Pergadaian) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 15 Mar 2021 01:21 |
Last Modified: | 15 Mar 2021 01:21 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6528 |
Actions (login required)
View Item |